informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

DBD Di Batam Masih Berkeliaran

BATAM HARI INI -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal menegaskan, dari seluruh Kecamatan di Batam, ada satu Kecamatan yang jumlah warga penderita DBD-nya tertinggi baik untuk tahun lalu maupun dua bulan ini. Kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Batam Kota.

“Kalau jumlahnya pada dua bulan ini, saya belum tahu persis. Tapi masih yang terbanyak jumlah warga yang terjangkit DBD, kira-kira sudah ada belasan lah. Untuk tahun lalu aja, ada 175 warga terjangkit DBD di Batam Kota. Justru untuk daerah hinterland, warga yang terjangkit DBD jumlahnya paling sedikit, rata-rata lima, bahkan untuk dua bulan ini hanya tiga,” terang Chandra.

Daerah hinterland yang dimaksud Chandra adalah Bulang satu orang dan Galang 3 orang. Chandra menegaskan, pada musim kemarau seperti saat ini di Batam, biasanya DBD itu mengalami penurunan. Jumlah penderita DBD akan mengalami lonjakan peningkatan saat memasuki musim penghujan.

DBD sendiri menurut Chandra, tak akan bisa diberantas hanya dengan penyemprotan atau foging. Sebab cara foging hanya bisa membunuh induk nyamuknya saja. Sedangkan jentiknya tak akan mati.

“Kuncinya ya kebersihan dilingkungan masing-masing lah. Jangan sampai dirumah itu ada genangan air hingga menjadi sarang jentik nyamuk,” kata Chandra mengakhiri. (gas)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

DBD Di Batam Masih Berkeliaran