informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Ternyata, 80 Ribuan Lebih Warga Batam Belum Rekam e-KTP

e-KTP Batam
BATAM HARI INI - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Drs Sadri Khaerruddin mengungkapkan, lebih dari 80 ribu warga Batam belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). 
Hal itu berdasarkan data yang tercatat di Disdukcapil Kota Batam hingga akhir Januari 2014. Diduga mereka yang belum melakukan perekaman itu sudah pindah dari Batam dan sebagian ada yang sudah meninggal dunia. 

" Untuk persentasinya ada sekitar 11,30 persen warga Kota Batam yang belum melakukan perekaman e-KTP. Jumlah tersebut kita kalkulasi berdasarkan data warga yang wajib memiliki KTP, dengan total sebanyak 707.430 jiwa," kata Sadri, kemarin. 

Sadri menyebutkan, hingga kini warga Batam yang sudah melakukan perekaman e-KTP sekitar 627.057 jiwa, sedangkan jumlah e-KTP yang sudah selesai dicetak sekitar 543.603 keping.  " Sebagain besar e-KTP yang sudah dicetak itu, sudah kita distribusikan ke kantor lurah dan ke kantor kecamatan," ungkapnya.

Namun, ujar Sadri, berdasarkan laporan dari pihak kecamatan maupun dari pihak kelurahan yang sudah kita himpun saat ini, baru sekitar 451.826 orang yang sudah mengambil e-KTP itu.

" Data warga yang ada dalam program e-KTP di Disdukcapil Batam sudah maching dengan data induk Disdukcapil pusat maupun dengan data beberapa kabupaten dan kota. Jadi, siapapun warga yang melakukan perekaman data e-KTP di kecamatan maupun kelurahan, lansung kita machingkan ke Disdukcapil pusat," paparnya.

Sadri juga mengatakan, kalau saat ini Pemerintah Kota Batam sudah memiliki dua alat cetak KTP elektronik. Diantaranya, satu unit dikirim dari Disdukcapil pusat, sejak pertengahan Juni 2013 lalu. Sedangkan satu unit lagi didapatkan berdasarkan pengadaan daerah, pada November 2013 lalu. 

Untuk mengoptimalkan fungsi kedua mesin cetak e-KTP itu agar bisa memenuhi target pencapaian proses pembuatan e-KTP setiap bulannya, ia akan mengajukan blanko e-KTP dari pemerintah pusat. 

" Kita memperkirakan, akan dapat mencetak hingga 200 buah e-KTP setiap harinya. Namun, hingga saat ini pencetakan e-KTP tersebut belum bisa dilakukan di Batam, karena Disdukcapil Batam belum menerima blanko KTP elektronik dari pemerintah pusat," terangnya. 

Ia menyebutkan, jumlah blanko e-KTP yang diajukannya per tahun sebanyak 45.000 blanko. Blanko tersebut sudah dipesannya sejak Desember 2013 lalu, hingga saat ini belum tiba di Batam.

Selain itu, lanjut dia,  tahun 2014 ini pemerintah juga akan menambah sejumlah mesin card reader yang akan ditempatkan di setiap kelurahan. Untuk sementara, mesin card reader ini baru tersedia di tiap-tiap kecamatan. (HK/vnr)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Ternyata, 80 Ribuan Lebih Warga Batam Belum Rekam e-KTP