informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Bulan Ini Surat Suara Tiba Di Batam

BATAM HARI INI -- Saat ini KPU Batam memasuki tahap logistik.  Anggota KPU Batam sekaligus pokja Logistik, Mulkan Siregar mengatakan, hampir 90 persen logistik sudah diterima KPU Batam.

“Yang belum ada kami terima adalah surat suara Pemilihan Legislatif serta kelengkapan lainnya seperti tinta dan formulir berita acara saja,” ujar Mulkan, panggilan akrabnya.

Kapan pastinya surat suara akan diterima oleh KPU Batam? Mulkan menegaskan pertengahan bulan ini surat suara dipastikan sudah akan diterimanya.

“Tadi perwakilan anggota KPU Batam, Pak Yudi sudah berangkat ke KPU Pusat untuk memvalidasi nantinya penerimaan surat suara, mengecek surat suara serta memastikan jumlah surat suara yang akan diterima KPU Batam,” kata Mulkan yang mantan pengacara, sebelum menjadi anggota KPU Batam ini.

Sementara kotak suara yang baru terbuat dari karton ada 1.869 ditambah kotak suara yang lama yang jumlahnya 6.355. Jadi jumlahnya total ada 8.224 kotak usara.
Sedangkan bilik suara yang lama ada 6.421. Sedangkan yang baru ada 1.803.

Jumlah tersebut, ditegaskan Mulkan sudah lebih dari cukup untuk Pileg pada 9 April mendatang.

Surat suara nantinya terbagi menjadi 4 kelompok. Terdiri dari surat suara untuk pemilihan legislatif di tingkat DPRD Kota Batam, DPRD Provinsi Kepri, DPD RI, dan DPR RI.

Meski demikian, hingga saat ini KPU masih belum mengetahui pasti jumlah surat suara yang akan diterima pihaknya dari pusat. Pasalnya hingga Maret mendatang, jumlah pemilih masih dimungkinkan bertambah akibat adanya Daftar Pemilih Khusus (DPK). Per 28 Januari 2014 kemarin, KPU Kota Batam merilis sebanyak 715.544 pemilih di Kota Batam.

“Total pasti jumlah surat suaranya kami belum tahu. Perhitungannya 1 TPS standarnya 500 pemilih, dikalikan saja dengan jumlah TPS yang ada 2.056 dikali 4 kelompok surat suara,” kata dia.

“Setelah semua kelengkapan logistik datang, nanti akan kami susun per dapil agar mudah dalam pendistribusiannya. Kapan pendistribusiannya, kami belum dapat memastikan, tapi diupayakan ke hinterland dulu,” ujar Mulkan.

Sejak Desember 2013 lalu, sejumlah perlengkapan logistik pemilu mulai didatangkan dari pusat. Seperti kotak suara dan bilik suara yang kali ini terbuat dari kertas kardus, sampul pemilu, dan sejumlah perlengkapan logistik pemilu lainnya. (hk/gas)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Bulan Ini Surat Suara Tiba Di Batam