informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

SMK Plus Kemilau Bangsa Dirikan Bank Mini


ilustrasi




BATAM HARI INI – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Kemilau Bangsa, punya cara tersendiri untuk mendidik siswa-siswanya agar rajin menabung di bank. Pihak sekolah membuat Bank Mini Tabungan Siswa (BMTS), semacam lembaga yang berperan layaknya sebuah bank nyata tempat murid-muridnya dapat menyimpan atau menarik uang mereka.
Ketua Prodi (program studi) Perbankan SMK Plus Kemilau Bangsa, Ulfa Nurhayati Jannah mengatakan BMTS ini merupakan program dari parodi perbankan dan juga gagasan dari seluruh unsur pendidik di SMK Plus Kemilau Bangsa. ”Program ini dijalankan untuk mengajarkan ilmu perbankan kepada siswa dan siswi agar kelak mereka menjadi terbiasa, karena suatu saat ketika lulus, pasti ada yang bekerja di bank,” ujarnya.
BMTS ini khusus untuk para siswa SMK Plus Kemilau Bangsa.
Untuk bisa menjadi nasabah, mereka cukup membayar uang administrasi sebesar Rp 5.000, kemudian setelah itu akan mendapatkan buku rekening yang bisa dipergunakan untuk menabung atau menarik uang.
Tiap harinya bank mini ini dibuka pada jam makan siang, yakni antara pukul 11.30 sampai pukul 12.00 WIB. Penjaganya sebanyak dua orang dari kelas perbankan dengan setiap harinya penjaganya bergantian dari 26 orang penghuni kelas tersebut.
Satu orang bertugas untuk menyambut dan mengisi buku rekening nasabah, debet atau kreditnya. Dan satu orang lagi memindahkan nilai nominal dari buku rekening ke buku besar, dan terakhirnya akan direkapitulasi ulang agar hasilnya pas.
Selain diajari mengenai ilmu perbankan, siswa didik juga dibekali mengenai ilmu bagaimana cara melayani nasabah, sebagaimana yang seperti kita lihat di bank pada umumnya. Para guru juga intensif mengawasi kegiatan para siswa agar berjalan dengan semestinya.
Untuk saat ini, bank mini ini baru memiliki nasabah sekitar 60 orang dari para siswa yang ada. Selanjutnya, menurut Ulfa, uang tabungan para siswa akan diputar untuk perencanaan program berikutnya.
”Mungkin ke depannya akan ada program yang berhubungan dengan dunia kewirausahaan,” kata Ulfa.
Sementara, Supani, Kepala Sekolah SMK Plus Kemilau Bangsa mengaku bangga terhadap prospek yang kelak akan diberikan BMTS ini.
”Di Batam, baru SMK Plus Kemilau Bangsa dan SMK 7 yang punya program perbankan, tetapi baru kami yang menjalankan program bank mini ini,” kata Supani. (Batampos/cr2)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

SMK Plus Kemilau Bangsa Dirikan Bank Mini