informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Hari Jadi Dewa Qing Cui Co Se Diperingati di Batam

Suasana Klenteng Hock An Kiong memperingati hari jadi Dewa Qing Cui Co Se, tahun 2013
Suasana Klenteng Hock An Kiong memperingati hari jadi Dewa Qing Cui Co Se, tahun 2013
BATAM HARI INI -- Ribuan warga Tiong Hoa akan menghadiri upacara ulang tahun dewa ‘Qing Cui Co Se’ yang dipusatkan di vihara Hock An Kiong di dekat Perum Bukit Palem Permai, Batam Kota, Rabu (5/3). Dewa ini dianggap sebagai dewa pemberi berkah. Di mana dewa ini dipercaya bisa mendatangkan hujan kala sedang musim kemarau, dan membuat hasil tani menjadi melimpah ruah.
Eddi C Lummawie selaku King Cu atau ketua vihara menjelaskan bahwa dulunya dewa ini adalah seorang biksu. Dewa ini memiliki kesaktian.
“Kalau misalnya ada musim kemarau dan tanah menjadi tandus, maka ketika dikunjunginya akan turun hujan dan tanah kembali subur,” katanya.
Menurut Eddi, suku Tionghoa biasanya merayakan dua kali hari besar untuk dewa Qing Cui Co Se. Perayaan pertama digelar pada hari kelima di bulan Imlek. Sementara perayaan kedua adalah bulan enam hari keenam. Untuk perayaan pertama adalah merayakan dewa sewaktu menjadi dewa, dan perayaan di bulan keenam adalah hari lahir Qing Cui Co se.
“Kita berharap agar kita semua tetap diberikan rezeki yang melimpah dan tetap diberikan kesehatan. Khususnya untuk Batam kita berharap agar tetap aman dan nyaman,” katanya.
Awal perayaan ini sudah digelar kemarin malam di klenteng Hock An Kiong di perumahan Kintamani. Dalam acara ini akan digelar sembahyang.
Sementara hari ini, selain sembahyang akan digelar pesta kembang api, dan acara hiburan.
“Kami juga menyediakan lucky draw,” katanya.
Menurut Eddi, vihara Hock An Kiong nantinya akan menjadi vihara terbesar di Batam. Dan diharapkan nantinya ini bisa menjadi objek wisata religi. “Saat ini masih tahap finishing, sebentar lagi akan selesai,” katanya.
Eddi menjelaskan bahwa sebagian besar warga keturunan Tionghoa yang rutin melakukan acara ini berasal dari Riau Kepulauan dan Riau Daratan. (ian)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Hari Jadi Dewa Qing Cui Co Se Diperingati di Batam