informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

MTQ 2014 Batam, Mesjid Raya Batam Bersolek

Mesjid Raya Batam dilihat dari ketinggian
BATAM HARI INI -- Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyiapkan anggaran Rp 4 miliar untuk merenovasi Masjid Raya Batam menyambut pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 bulan Juni mendatang. Namun, pembangunan tersebut terkendala karena Pemko belum memiliki izin pinjam pakai dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.

”Kita ingin merenovasi masjid, anggaran sudah siap. Namun, belum ada pinjam pakai dari BP ke Pemko,” kata Wakil Wali Kota Batam Rudi, saat memberikan laporan terknis kepada Ketua Panitia MTQ Soerya Respationo di lantai 5 Graha Kepri di Batam Centre, Jumat (7/2).

Menurut dia, tak adanya izin pinjam pakai dari BP Batam tersebut, membuat pihaknya tak bisa mencairkan anggaran renovasi masjid. Padahal, anggaran sebesar Rp 4 miliar sudah disiapkan untuk merenovasi bagian dalam dan luar masjid.

”Sebaiknya secepatnya diserahkan kepada Pemko Batam, agar pembangunan bisa secepatnya dilaksanakan. Apalagi BP Batam tak punya anggaran untuk renovasi,” terang Rudi.

Tak hanya masjid, Rudi juga menjelaskan pihaknya masih disibukan dalam penyelesaian proyek fisik seperti pembangunan astaka, jalan umum Batam Centre hingga bundaran di simpang Ocarina.

”Khusus anggaran 2013 sudah selesai. Kini kita lanjutkan dianggaran 2014. Dan kita sudah lakukan pelelangan. Mudah-mudahan bisa selesai minggu kedua di bulan Mei mendatang,” imbuh Rudi.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam I Wayan Subawa belum bisa memberi jawaban banyak terkait izin pinjam pakai Masjid Raya ke Pemko Batam.

”Sebelum sudah ada izin pinjam pakai. Namun saya kurang tahu apakah masa izin pinjam pakai itu sudah habis,biasanya hanya 2 tahun. Sebenarnya itu urusan bagian umum, namun nanti saya cek kesana. Jadi saya belum bisa kasih jawaban terkait ini,” kata Wayan.

Dalam rapat tersebut, Wayan juga melaporkan lokasi yang akan dijadikan lahan parkir pada saat MTQ mendatang. Di mana pihaknya telah menetapkan enam titik lokasi parkir seperti di depan Kantor Pos, di Masjid Raya, Gedung Sumatera, di bawah Bukit Clara dan di parkiran Gedung Lam.
”Namun minggu depan kita coba rapatkan lagi dan kita pastikan keenam lokasi itu benar,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Soerya mengatakan persiapan MTQ sudah hampir finish. Untuk pengamanan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polri dan TNI. Tak hanya itu, Soeryo juga menghimbau agar seluruh pihak termasuk lintas agama dapat mensukseskan pelaksanaan MTQ di Kepri.

”Saya mengimbau agar lintas agama lain, bisa berkenan untuk membuat spanduk ucapakan selamat dan sukses untuk MTQ Nasional 2014. Hal itu dimaksud untuk menunjukan harmoni dalam keberagamanan,” pungkas Soerya. (she)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

MTQ 2014 Batam, Mesjid Raya Batam Bersolek