informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

AKHIRNYA PEMKO BATAM TENDER ULANG PENGELOLAAN SAMPAH

BATAM HARI INI - Pemerintah Kota Batam akan melakukan tender ulang pengolah sampah di Batam. Sebab, proses tender yang dilakukan tahun 2013 lalu, hanya 1 perusahaan yang lolos dari 50 peserta.
Jika dalam proses tender ulang tersebut yang menang perusahaan asing maka Pemko Batam akan meminta jaminan dari Kedutaan Besarnya di Indonesia. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan seperti kabur. 

" Siapapun yang nantinya memenangkan tender untuk sampah ini, harus ada jaminan dari kedubesnya di sini.  Agar kedepan, perusahaan yang bermitra dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dapat melacak ke negaranya kalau yang bersangkutan kabur, " kata Walikota Batam Ahmad Dahlan, usai sosialisasi bank sampah di lantai IV gedung Walikota Batam, Kamis (9/1). 

Untuk proses tender, kata dia, akan dilakukan bulan Juni mendatang. Setelah diketahui pemenang tender maka perusahaan yang ditunjuk harus bisa memanfaatkan semua sampah yang ada di Batam. Mereka harus bisa mengumpulkan sampah-sampah tersebut untuk diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Perusahaan yang memenangkan tender, lanjut Dahlan,  akan dikunjunginya negaranya untuk melihat sejauh mana efisien teknologi yang digunakannya. " Saat ini teknologi yang digunakan bukan lagi menimbun sampah, tetapi bagaimana agar semua sampah yang ada habis tanpa bekas," katanya.

Menurut dia, selama ini, untuk sampah yang ada, tidak bisa diprediksi volumenya dalam satu hari. Seperti momen-momen hari besar, seperti puasa hingga lebaran, Natal dan Tahun Baru sudah pasti volume sampah akan tinggi.

" Seperti saat ini, masyarakat bisa melakukan Bank sampah, salah satu cara untuk memanfaatkan sampah, seperti plasik bekas akan dijadikan sebuah tas dan ini ada nilai ekonomisnya karena dapat dijual serta akan menghasilkan uang, "ucapnya.

Sudah Diangkut

Kepala Dinas DKP Kota Batam Sulaiman Nababan yang dikonfirmasi soal keterlambatan pengangkutan sampah di kawasan Batuaji sekitarnya berjanji akan mengangkat sampah-sampah yang menumpuk itu.

" Beri kami waktu 2 minggu untuk mengangkut sampah di Batu Aji sekitarnya  dan kami akan usahakan secepatnya untuk mengangkut semua sampah itu "kata dia.

Dia mengakui, volume sampah di wilayah 3 Batu Aji dan sekitarnya merupakan tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah lainnya. Dalam hal ini, pihaknya akan mengupayakan untuk mengangkut semua sampah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Memang kemaren pengangkutan sampahnya tidak sesuai dengan jadwal. Tapi kedepannya, kami akan berusahan mengangkutkan terjadwal, agar tidak terjadi lagi penumpukan, "pungkasnya.(Haluan Kepri / byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

AKHIRNYA PEMKO BATAM TENDER ULANG PENGELOLAAN SAMPAH