informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menyoal Luas Kampung Tua Tanjunguma Yang Tak Jelas


Tim Kampungtua Turun ke Lokasi

BATAM HARI INI - Luas Kampung Tua Tanjunguma, Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam kembali dibahas oleh Tim Kampung Tua bersama tokoh masyarakat setempat. Dalam kunjungan langsung Tim Kampung Tua, Selasa (21/1) di  Tanjunguma, masih terjadi tawar-menawar antara tim dengan masyarakat.
Kepala Badan Pertanahan Kota Batam yang juga anggota tim Kampung Tua, Aspawi Ngali S.Sosmengatakan tim belum menemukan kata sepakat terkait luasan Kampung Tua Tanjunguma.

"Belum ada kata sepakat, kita tawarkan 61 hektar, tapi masyarakat menolak," ungkap Aspawi, ditemui wartawan usai pertemuan dengan sejumlah Tokoh Masyarakat setempat.

Saat ini, lanjut Aspawi, masyarakat Tanjunguma masih bertahan pada 80 hektar luasan Kampung Tua Tanjunguma ke tim. Namun demikian, belum disepakati karena akan dibahas terlebih dahulu dengan pimpinan.

" Tahapannya, kita bahas bersama masyarakat dan tim, kemudian hasilnya kita laporkan ke pimpinan," katanya.

Masih, kata Aspawi, bahwa luasan Kampung Tua sering kali menjadi pembahasan panjang yang susah dicari titik temunya. Dikarenakan, seringkali masyarakat meminta luasan yang lebih dari apa yang sudah diperuntukkan.

Hal tersebut membuat Tim Kampung Tua yang terdiri dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, Pemko Batam, Polresta, Camat dan Lurah berulang kali harus melakukan pertemuan dengan masyarakat, namun belum juga ada kata sepakat. 

Berdasarkan data yang ada, dari 33 titik Kampung Tua yang ada di Batam, hanya 12 yang sudah dilakukan verikasi, dan hasilnya baru 5 titik yang sudah disepakati luasanya, yakni Kampung Tua Nongsa Pantai, Tanjung Riau, Batu Besar, Kampung Panau dan Tanjung Memban. "Targetnya tahun ini verifikasi tuntas," ungkapnya.

Sesuai rencana, hari ini dijadwalkan melakukan pengukuran, tapi karena luasan belum ditemukan kata sepakat, maka pengukuran dan penentuan titik batas akhirnya diundur. (HK/ays)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menyoal Luas Kampung Tua Tanjunguma Yang Tak Jelas