informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

VCD Bajakan Marak Di Batam, Aparat Masih Tutup Telinga

BATAM HARI INI- Aparat Polresta Barelang sampai saat ini belum mengambil langkah-langkah tegas, terkait maraknya peredaran Digital Versatile Disk/Visual Communication Design (DVD/VCD) yang ada di Batam. 
Buktinya, barang ilegal tersebut secara leluasa dijual di mal-mal, kios pedagang kaki lima (PK-5), bahkan menjamur hingga di komplek perumahan.  Seperti diketahui, peredaran DVD/VCD ilegal di daerah ini bukan merupakan hal baru dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, maupun aparat terkait.

Disributor DVD/VCD bajakan di Batam diduga milik pengusaha YH dan ACN dengan mudah ditemukan di wilayah Nagoya dan di Pasar Botania, Batam Kota.

"Dalam satu hari, bisa diproduksi DVD/VCD bajakan, terutama film-film baru maupun porno mencapai 200 keping," ungkap sumber yang meminta identitasnya tidak dikorankan, Rabu (22/1).

Guna memuluskan usaha ilegal tersebut, lanjut sumber tadi, oknum pengusaha pengganda DVD/VCD ilegal ini, merupakan jaringan sudah teroganisir dengan baik bahkan sudah mengamankan aparat penegak hukum di Batam.

Sementara itu, ACN  salah seorang pengusaha DVD bajakan yang beralamat komplek bisnis blok A1 no 2 tepatnya debelakng DC Mall, Nagoya saat dikonfirmasi wartawan koran ini melalui via telpon mengaku, pihaknya sudah 'mengamankan' seluruh pihak-pihak yang berkepentingan.

"Saya sudah amankan semua bang,"ujarnya tanpa mau menyebutkan oknum mana saja yang sudah 'diamankannya'.

Peredaran VCD\DVD bajakan ini sudah jelas diatur  Dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 pasal 72 ayat(1) dan ayat (2) tentang Hak Cipta dengan tegas disebutkan bahwa penggandaan DVD/VCD adalah kejahatan pidana dan diancam hukuman penjara 7 tahun. Bahkan pembeli VCD\DVD bajakanpun bisa dikenakan hukuman, tapi hal ini tidak membuat nyali para pengusaha VCD/DVD bajakan tersebut menciut, namun justeru peredarannya makin merajelala di Kota  Batam.

Mengenai hal ini, Kasatreskrim Polresta Barelang, Kompol  Ponco Indriyo saat dikonfirmasi melalui handphonnya (HP) belum bersedia memberikan jawaban hingga berita ini diterbitkan. (HK/cw81)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

VCD Bajakan Marak Di Batam, Aparat Masih Tutup Telinga