informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Bimtek Penyusunan LAKIP Untuk Peningkatan Kinerja Pemko Batam


BATAM HARI INI -- Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Pemko Batam menggelar bimbingan teknik penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) di Golden View Hotel Bengkong, Rabu (15/1). 
Kepala Bagian Ortal Herman Rozie dalam laporannya mengatakan Lakip merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah yang sesuai Instruksi Presiden No 7 tahun 1999, sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai visi, misi dan tujuan organisasi.

Lakip Pemko Batam sampai tahun 2012 disusun oleh Inspektorat Kota Batam, namun sesuai arahan Kementrian PAN dan RB serta mengacu pada Perwako Batam No 62 tahun 2012 tentang uraian tugas dan fungsi sekretariat daerah, Bagian Organisasi memiliki tugas menyusun Lakip.

Karena itu, untuk penyusunan Lakip tahun 2013 dilaksanakan oleh Bagian Ortal. Tujuan kegiatan tersebut menurut Herman untuk meningkatkan kinerja aparatur Pemko Batam baik yang membidani program maupun seluruh aparatur yang ada dilingkungan Pemko Batam.

Bimtek dilaksanakan selama dua hari tanggal 15-16 Januari 2014 dengan peserta 90 orang dari aparatur Pemko Batam yang membidangi program. Narasumber dari Kementrian PAN dan RB serta Bappenas.

Asisten I Bidang Pemerintahan Raja Supri dalam sambutannya yang mewakili Walikota Batam mengatakan, tuntutan terhadap peran PNS yang memiliki kualitas kinerja yang baik saat ini sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Kota Batam khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, SKPD perlu membuat laporan Akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja SKPD. Laporan Akuntabilitas kinerja Instansi pemerintah sangatlah penting sebagai bahan evaluasi pencapaian kinerja sebuah SKPD khususnya dan pemerintah daerah secara general.

Sampai saat ini menurut Supri, Pemko Batam masih memperoleh predikat CC dalam penilaian Lakip. Hal ini perlu terus menjadi perhatian baik oleh pimpinan SKPD maupan bagi pegawai yang membidani program dan tentunya sejalan dengan fakta dilapangan kinerja tersebut.

Raja memberikan apresiasi kepada Bagian Ortal yang telah mengadakan bimtek tersebut. Dan berharap kepada seluruh SKPD agar dapat menyelesaiakan Lakip SKPD pada tanggal 3 Februari 2014 dan diserahkan kepada Bagian Ortal Setdako Batam.

"Lakip Kota Batam harus sudah selesai pada Bulan Maret 2014, "singkatnya.(hk/byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Bimtek Penyusunan LAKIP Untuk Peningkatan Kinerja Pemko Batam