informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Dishub Batam Tambah Puluhan Bus Way

Busway--F-Cecep-Mulyana-(17BATAM HARI INI- Jumlah Bus Batam Pilot Project (BPP) atau biasa disebut Trans Batam di Batam tahun 2014 ini akan bertambah banyak. Selain 22 unit Trans Batam yang sudah ada sekarang, Dishub akan mendapatkan tambahan enam busway tahun ini sebanyak enam unit dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014. Selain itu, Batam juga kemungkinan besar akan mendapatkan tambahan sekitar 15 unit lagi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
“Kita terus melobi pusat terkait pengadaan Trans Batam tersebut. Kita melihat ada sinyal positif dari pusat. Mudah-mudahan jadi, kalau itu jadi maka jumlah Trans Batam di Batam sebanyak 43 unit. Enam unit sudah pasti dari APBD,” kata Edward Purba, Kabid Teknis dan Sarana Dishub Batam, Selasa (14/1).
Pengadaan baru dalam APBD Batam dan yang diminta ke pusat, fisiknya sama dengan armada yang ada sekarang. Terkait anggaran, Edward tidak mau berkomentar.
Dengan penambahan tersebut, Edward berharap transportasi massal yang murah bisa dinikmati warga sesering mungkin. Dengan bertambahnya jumlah armada tersebut maka warga tidak perlu lama lagi menunggu di halte.
“Selama ini masalahnya kan di situ. Perbedaan keberangkatan armada terlalu jauh. Jadi banyak masyarakat yang tidak berminat naik Trans Batam,” tambahnya.
Dengan penambahan armada tersebut, maka trayek baru yakni dari Seibeduk-Jodoh sudah pasti akan dibuka. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) sendiri kini sudah menyiapkan infrastruktur seperti halte. Meski demikian, jumlah armada yang akan melayani trayek tersebut hingga saat ini masih belum bisa dipastikan.
“Infrastruktur dulu. Kalau sudah selesai, baru nanti akan kita kaji masalah tarif atau ongkos dan jumlah armadanya,” katanya.
Sebelumnya Wakil Wali Kota Batam Rudi mendukung penambahan armada Trans Batam di Batam. Menurutnya dengan adanya penambahan armada,  ke depannya bisa melayani penumpang dengan lebih baik lagi. Saat ini rentang waktu setiap bus jaraknya kalau pagi 15 menit sampai 20 menit.
Ia juga berharap agar Dinas Perhubungan Kota Batam terus memperbaiki fasilitas pendukung transportasi massal tersebut termasuk kondisi kendaraan itu sendiri.
“AC-nya harus diperbaiki. Sebaiknya juga dipasang musik dan radio supaya penumpang nyaman dan tidak bosan”, ujar Rudi.
Namun secara umum Rudi mengaku, bahwa kondisi Trans Batam di Kota Batam cukup baik. “Masih baguslah, kalaupun sedikit ada masalah, mungkin karena kendaraannya yang sudah mulai berumur,” katanya. (BP/ian)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Dishub Batam Tambah Puluhan Bus Way