informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Bandara Hang Nadim Buka Posko Mudik

BATAM HARI INI - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyiapkan tiga posko mudik kepada calon penumpang saat melakukan arus mudik dan balik Lebaran 1435 Hijriyah.
" Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan kantor Karantina, Imigrasi, Bea Cukai, perwakilan maskapai pada 16 Juli 2014. Hasilnya seluruh pihak sepakat mendirikan tiga posko pada kawasan bandara," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat(18/7).

Posko tersebut, kata dia, akan didirikan di depan pintu terminal keberangkatan, posko pelayanan TKI yang juga didirikan pada pintu terminal keberangkatan dan posko khusus koordinasi intern instansi di bandara untuk memantau kepadatan.

" Posko khusus TKI dibangun untuk memberikan layanan khusus bagi para TKI asal Malaysia yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Mereka akan dipanggil satu jam sebelum penerbangan agar lebih tertib," kata dia.

Operasional posko tersebut juga akan dibantu sekitar 25 personil dari Polsek Khusus Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan personil TNI Angkatan Udara.

" Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik melalui Bandara Internasional Hang Nadim diantaranya satu garbarata baru dan ruang tunggu baru," kata Suwarso.

Ia memperkirakan puncak arus mudik melalui transportasi udara akan terjadi pada H-4 Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah atau pada 25 Juli 2014 dengan jumlah penumpang rata-rata per hari mencapai di atas 7.000 orang.

" Sejak awal puasa, rata-rata penumpang 4.000 orang per hari. Kami memperkirakan, beberapa hari ini akan terus meningkat hingga mencapai di atas 7.000 orang per hari pada H-4 nanti," kata dia.

"Mulai tiga hari ini sudah nampak peningkatan penumpang yang akan meninggalkan Batam, namun jumlahnya belum terlalu signifikan dibandingkan hari-hari biasa," kata Suwarso.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah arus mudik dari Batam didominasi penerbangan ke sejumlah kota di Pulau Sumatera seperti Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru Riau, Palembang Sumatera Selatan, Jambi, Lampung.

Untuk tujuan Pulau Jawa didominasi penerbangan ke Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya yang memiliki jumlah penerbangan langsung lebih dari satu kali perhari.

Sementara untuk tujuan Bandung Jawa Barat dan Semarang Jawa Tengah baru dilayani satu kali per hari oleh maskapai Lion Air (hk/cw81).



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Bandara Hang Nadim Buka Posko Mudik