informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) Batam Ditutup

Ada Mahakarya Seni Nusantara

BATAM HARI INI – Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) VIII di Batam Provinsi Kepulauan Riau akan ditutup pada Kamis (12/6) pukul 15.00 WIB.
Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Juju Masunah mengatakan acara penutupan nanti akan diisi kolaborasi seni pertunjukan. Seperti angklung, tari topeng, tari zapin, tari Bali, gurindam 12, serta barongsai dari Kepulauan Riau dan Jakarta.

“Mahakarya  Seni Nusantara akan digarap khusus untuk acara penutupan ini. Diharapkan masyarakat Batam dan sekitarnya, serta kafilah MTQ dari seluruh Indonesia bisa menyaksikan acara ini,” kata Juju, dalam keterangan pers Selasa (10/6) malam di arena PPKI.

Ia mengaku tak ada target transaksi selama PPKI berlangsung. Target yang dibuat hanya berorientasi pada pendidikan atau literasi. Sehingga panitia hanya melihat pada banyaknya kunjungan.

Menurut Juju, PPKI ke-8 ini merupakan yang pertama kalinya digelar di luar ibukota Jakarta. Oleh karena itu bila angka pengunjung di Batam bisa mencapai setengah kunjungan di PPKI sebelumnya, itu sudah cukup baik.

Karena targetnya yaitu dari peserta MTQ seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 4.000-an orang. Tambah dari pengisi booth PPKI, pameran UKM, Pameran Investasi Daerah, Pameran Peradaban Islam, dan Kepri Syariah Expo yang diestimasi mencapai 1.000-an orang.

“Tahun 2013 lalu pengunjungnya sekitar 85.000. Kalau di sini bisa setengahnya saja sudah luar biasa,” kata Juju.

Berdasarkan data yang diperoleh, per harinya jumlah kunjungan di arena PPKI ini mencapai 10.000 orang. Sedangkan pada akhir pekan (malam libur) jumlahnya meningkat dua kali lipat menjadi sekira 20.000 pengunjung.

Para pengunjung selama enam hari pelaksanaan PPKI, disuguhi berbagai kegiatan. Pada hari pembukaan ditampilkan harmonisasi gerak dan lagu yang didukung kolaborasi komunitas Hindu, Budha, Kristiani, dan Islam yang dibungkus kearifan budaya lokal.

Setiap harinya pukul 16.00-20.00 ditampilkan atraksi kesenian di panggung utama PPKI. Seperti fashion show, atraksi seni daerah nusantara, dan kreativitas seni dari Kepri. Di lokasi pameran pun tiap harinya diadakan pertunjukan musik bambu dan topeng, serta fashion muslim.

“PPKI VIII ini memamerkan karya kesenian dari hulu ke hilir. Misalnya angklung, mulai dari pembuatan sampai menjadi karya seni,” katanya.

PPKI VIII ini, kata Juju, didukung oleh lintas kementerian. Di antaranya Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan. Selain itu juga Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Negara BUMN, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Kehutanan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia.(cw90)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) Batam Ditutup