informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Mau Daftar Anak Sekolah Di Batam? Inilah Caranya

BATAM HARI INI - Tak lama lagi siswa yang baru lulus SD, dan SMP akan mendaftar ke jenjang sekolah berikutnya. Untuk sekolah unggulan non reguler sistem pendaftarannya menggunakan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

Khusus untuk sekolah unggulan baik SMP maupun SMA dan SMK negeri pendaftarannya dibuka lebih awal yakni selama tiga hari mulai tanggal 26 sampai terakhir 28 Juni ini.

Meski menggunakan sistem PPDB online, menurut Maryulis, Kabid Program Disdik Batam, selaku ketua panitia PPDB Online di Batam, calon siswa harus datang ke sekolah yang dituju.

“Mereka tetap harus datang mendaftar dan menyerahkan syarat pendaftaran masuk sekolah seperti membawa lampiran SKHU baik asli maupun fotokopi, nilai rapor serta pas foto pada saat pendaftaran ke operator yang telah ditunjuk Disdik Batam yakni guru sekolah tersebut,” ujar Maryulis di kantornya, tadi sore, Selasa (10/6).

Nantinya setelah syarat pendaftaran sudah dimasukkan atau diinput ke komputer, maka secara otomatis nama siswa pendaftar akan langsung bisa dicek ke internet melalui website ppdb.kemdikbud.go.id.

“Waktu pendaftarannya mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB untuk sekolah unggulan. Sedangkan pengumuman lolos tidaknya pendaftar akan diumumkan pada 30 Juni. Bisa dicek langsung ke website ataupun bisa datang ke sekolah,” terang Maryulis.

Sistem pendaftaran dalam PPDB online sekolah unggulan tak berbeda dengan pendaftaran dalam PPDB online sekolah reguler baik SMP maupun SMA negeri serta SMK negeri baik tata caranya maupun persyaratan pendaftarannya.

“Yang membedakan untuk sekolah reguler menggunakan sistem rayonisasi. Daftar satu sekolah otomatis terdaftar namanya di lebih dari satu sekolah bahkan tiga sekolah. Artinya kalau sekolah yang dituju tak lolos seleksi nilainya, otomatis di sistem nama siswa tersebut akan dialihkan ke sekolah negeri lainnya yang masih satu rayon,” kata Maryulis.

Untuk diketahui, daya tampung untuk sekolah reguler dalam PPDB online ini untuk 31 SMP sebanyak  4.452, untuk 9 SMA sebanyak 1.303. Sedangkan SMK ada enam sekolah daya tampungnya 980. (BP/gas)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Mau Daftar Anak Sekolah Di Batam? Inilah Caranya