informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Batam Kekurangan 500 PNS

PNS Kota Batam
BATAM HARI INI – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam, Firman mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam membutuhkan 500 lebih pegawai. Kebutuhan paling banyak berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Dinas Pendidikan (Disdik), menyusul adanya penambahan sekolah dan puskesmas. Sedangkan sisanya kebutuhan teknis.

Firman mengatakan dalam bulan ini, pengajuan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan segera diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Saat ini, kata dia, pihaknya masih menunggu jumlah riil kebutuhan pegawai dari masing-masing SKPD.

”Jumlah riilnya saya belum tahu pasti, masih menunggu dari SKPD. Namun saya perkirakan pengajuan tahun ini di atas tahun sebelumnya, karena kebutuhan pegawai kita lebih dari 500 orang,” ujarnya, Minggu (16/2).

Firman menuturkan tahun ini pola penyusunan formasi diubah, tambahan indikator yang harus dibuat untuk melakukan pengajuan. ”Tapi hanya sedikit perubahan saja,” jelasnya.

Dia berharap tahun ini pangajuan formasi di Pemko Batam dikabulkan MenPAN RB, setelah tiga tahun tidak ada penerimaan pegawai. Apalagi, Batam tidak termasuk gemuk, anggaran masih mampu membiayai pegawai.

”Yang tidak boleh itu 50:50 antara APBD dengan belanja pegawai,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Chandra Rizal mengatakan tahun ini SKPD-nya membutuhkan sebanyak 138 orang. Tenaga dokter umum, dokter gigi, perawat, sanitarian, dan lainnya.

”Kebutuhan tenaga medis ini sudah kita ajukan ke BKD,” kata Chandra.

Kebutuhan tersebut, sambungnya, untuk menutupi kekurangan tenaga medis di Puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

”Di Puskesmas saja minimal 15 orang, belum rumah sakit,” bebernya.

Saat ini memang pihaknya sangat membutuhkan beberapa tenaga medis, mengingat ada tambahan Puskesmas yang sudah melayani rawat inap. Seperti dokter umum yang harus selalu siaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan kebutuhan pegawai untuk tahun 2013 saja mencapai 320 orang, belum termasuk analisis kebutuhan tahun 2014.

”Apalagi akan ada penambahan ruang kelas baru, bisa lebih banyak lagi,” ungkap Muslim.

Akibat kekurangan guru serta tidak adanya penerimaan selama tiga tahun berturut-turut, Disdik harus mempekerjakan tenaga guru komite.

”Sekarang jumlahnya mencapai hampir 2.000 orang,” jelas Muslim. (Batampos/hgt)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Batam Kekurangan 500 PNS