informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Buruh Mogok, PT. Foster Batam Lumpuh Total

Buruh PT. Foster mogok kerja
BATAM HARI INI- PT Foster yang terletak di Kawasan Industri Batamindo Muka Kuning lumpuh total. Aktivitas produksi tidak jalan, sebab sekitar 2.300 buruh melakukan aksi mogok kerja, Kamis (13/2/2014).

Informasi yang diperoleh, aksi mogok ribuan buruh sudah berlangsung sejak Rabu (12/2/2014) malam. Hal ini disebabkan, beberapa poin tuntutan buruh penunjang kesejahteraan tidak digubris pihak manajemen. Bahkan, beberapa kali perundingan selalu tidak ada titik temu.

Karena tetap tidak ada kesepakatan antara buruh dengan manajemen sehingga aksi mogok tetap berlanjut. Bahkan, surat aksi pemberitahuan buruh akan dilangsungkan sampai dengan bulan April 2014, mendatang.

Ketua PUK FSPMI PT Foster, Frezy Anwar menjelaskan tuntutan mereka terhadap pihak manajemen ada enam poin. Dimana, enam poin tuntutan itu untuk menunjang kesejahteraan buruh.

"Permasalah di PT Foster ini sudah berlarut-larut. Sejak Januari sudah ada perundingan, sampai sekarang tak ada kesepakatan," katanya.

Dijelaskannya, keenam poin tuntutan itu yakni tunjangan perumahan sebesar Rp500 ribu per bulan, uang transportasi Rp12 ribu per hari, dan uang makan yang sudah dihapus sejak tahun 2003 supaya diberlakukan kembali sebanyak Rp12 ribu per hari.

"Kami meminta supaya upah pekerja lama dengan yang baru dibedakan. Misalnya dari 0-5 tahun diberikan penambahan Rp50 ribu. Dalam artian per tahun cuma naik Rp10 ribu saja," sebut dia.

Sementara, poin tuntutan lain mengenai iuran anggota serikat supaya dimasukkan langsung ke payroll (pengupahan), dan pihak manajemen diminta untuk menyediakan sekretariat untuk buruh.

"Itu saja poin tuntutan kami. Tapi tak juga bisa dipenuhi pihak manajemen," ujarnya.

Informasi terakhir yang diperoleh  dari para buruh di lokasi sejak pukul 16.00 WIB antara perwakilan buruh dan pihak manajemen melakukan perundingan yang difasilitasi oleh pihak Batamindo.

Sampai saat ini, hasil dari pertemuan tersebut belum diketahui. Sementara, ribuan buruh yang ada di lokasi perusahaan masih menunggu hasil perundingan tanpa melakukan aktivitas produksi.

Editor: Dodo/Batamtoday



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Buruh Mogok, PT. Foster Batam Lumpuh Total