informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Ribuan Pelajar Dapat Dana Bantuan Siswa Miskin

Wakil Walikota Batam Rudi memberikan secara simbolis bantuan siswa miskin (BSM) kepada pelajar SMA di Batam. Foto: Humas Pemko Batan
BATAM HARI INI  – Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional (Ditjen Kemendiknas) menggelontorkan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebesar Rp 12,2 miliar untuk 17.527 siswa sekolah se-Batam, mulai Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/SMK. Total BSM yang digelontorkan Kemendiknas secara nasional mencapai Rp 7,5 triliun.

“Ini program rutin Pemerintah Pusat untuk membantu siswa yang kurang mampu,” kata Dirjen Pendidikan Dasar Kemendiknas, Hamid Muhammad, di Gedung Balkes Sekupang, Senin (17/2).

Hamid merinci, dari 17.527 siswa di Batam yang mendapat bantuan, untuk SD 10.864 siswa, SMP 5.168 siswa, SMA 819 siswa, dan SMK 676 siswa.

Hamid tidak ingin ada anak tak sekolah di Batam hanya karena alasan tak ada biaya.
BSM sendiri, kata Hamid, diprioritaskan untuk siswa yang sudah memegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) serta sudah terdaftar sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

“Yang paling utama adalah untuk anak yatim maupun piatu yang ditampung di panti asuhan,” ujarnya.

Untuk siswa SD maupun SMP,  perbulannya mendapatkan BSM sebesar Rp 425 ribu. Sedangkan SMA/SMK Rp 500 ribu. Nantinya persiswa akan dibuatkan rekening khusus oleh Kemendiknas.

“Jadi pencairannya langsung dialamatkan ke rekening masing-masing siswa penerima BSM,” ujar Hamid.

Sekedar perbandingan, pada 2013 lalu, jumlah BSM dari Kemendiknas untuk Batam jauh lebih besar, yakni mencapai Rp 32,8 miliar yang dibagikan kepada 73.400 siswa se-Batam. Hamid menyebut penurunan itu akibat penurunan jumlah anak dari keluarga yang kurang mampu.

Sementara itu, kemarin dilakukan penyerahan sertifikat BSM dari Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendiknas, Ahmad Jazidi, dan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Hamid Muhammad kepada Wakil Wali Kota Batam, Rudi.

Rudi menyampaikan sesuai amanat UU Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional; setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapat beasiswa bagi yang berprestasi yang orangtuanya tidak mampu. Dia juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan ini.

”Mudah-mudahan bukan hanya tahun ini saja yang banyak jumlahnya, tahun depan dapat ditingkatkan lagi pengalokasian bantuan untuk Kota Batam,” harap Rudi. (gas/mta/she)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Ribuan Pelajar Dapat Dana Bantuan Siswa Miskin