informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Dinas Pendidikan Batam Janji Bakal Tambah Ruang Kelas

Muslim Bidin
BATAM HARI ESOK - Kadis Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin membantah adanya jama belajar mengajar di SD Negeri 004 Batuampar hingga pukul 21.00 WIB akibat kekurangan ruang belajar.

Sebenarnya kata Muslim, masih ada siswa pada pukul 21.00 WIB di sekolah bukan proses belajar normal tapi proses pemantapan

“Bukan, nggak mungkin lah murid disuruh masuk sekolah dan pulang pukul 21.00 WIB. Itu sangat tak diperbolehkan. Tapi kalau untuk belajar seperti pemantapan yang sifatnya belajar tambahan diluar jam sekolah, diperbolehkan. Daripada les diluar bayar, mendingan kan disekolah sendiri, tak bayar,” ujar Muslim kepada Batam Pos dikantornya, Selasa (18/2) siang.

Namun Muslim tak menampik bila dikatakan jumlah ruang kelas belajar siswa di SDN 004 Batuampar yang ada saat ini sangat tak seimbang dengan jumlah murid yang membludak dari kelas I sampai VI yang totalnya mencapai 1.049 siswa.

Membludaknya jumlah siswa di SDN 004 Batuampar menurut Muslim disebabkan kualitas pendidikan atau muridnya disana memang diakui bagus.

“Padahal di Batuampar itu dekat SDN 004 juga ada tiga SDN negeri lainnya seperti SD 002 serta SD 003. SDN yang berdekatan tempatnya tak banyak jumlah siswanya sehingga seimbang antara jumlah siswa dengan ruang kelas atau ruang belajar yang ada. Itu karena wali murid terlalu memaksakan anak untuk masuk SDN 004. Alasannya ya karena kualitasnya sudah terbukti bagus,” terang Muslim.

Bahkan Muslim juga tak menampik apabila dikatakan di SDN 004 sistem pembelajarannya menggunakan sistem shift atau pergantian jam belajar hingga tiga kali pergantian per kelasnya. Ujung-ujungnya jam belajar siswa yang harusnya penuh terpaksa dipangkas beberapa menit per satu jam pelajaran.

“Ya gimana lagi. Memang kenyataannya ruang kelas terbatas. Sedangkan siswa yang ada luar biasa jumlahnya. Kalau tak ditampung atau ditolak, sekolah disalahkan nantinya dianggap diskriminasi. Satu-satunya solusi ya tetap harus ditampung,” ujar Muslim.

Tahun lalu, SDN 004 oleh Disdik dibangunkan dua ruang kelas tambahan. Tapi hal itu tak menyelesaikan solusi. Karena jumlah siswa didik yang masuk ternyata juga membludak.(bp/gas)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Dinas Pendidikan Batam Janji Bakal Tambah Ruang Kelas