informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Kabut Asap Ancam Batam

Kabut asap selimuti Kota Batam
BATAM HARI INI - Kabut asap yang menyelimuti daerah Batuaji akibat kebakaran hutan, semakin tebal. Tak menutup kemungkinan, Kota Batam akan diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan yang terjadi di lima titik, Sabtu (22/2/2014) siang.

Informasi yang diperoleh dari Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) lima titik lokasi kebakaran hutan yakni, Bukit Rindang/Bukit Bumi Agung dan Permata Hijau (Batuaji), Bidadari (Seibeduk), Jembatan IV Barelang, Batu Besar (Nongsa).

Dari lima lokasi kebakaran, yang paling rawan terjadi di Batuaji. Selain hutan yang terbakar cukup luas dan dan terjadi di dua titik, lokasi kebakaran juga sangat dekat dengan pemukiman warga. Sehingga, petugas pemadam lebih banyak dikerahkan ke daerah Batuaji.

Kendati upaya pemadaman terus dilakukan, namun karena angin kencang dan panas terik, kobaran api cepat menjalar melalap pepohonan yang kian mengering di hutan tersebut.

Kasubdit PBK BP Batam, Slamat Srianto di lokasi mengatakan untuk memadamkan api di daerah Batuaji diturunkan lima unit Damkar dengan jumlah personil sebanyak 25 orang.

"Petugas PBK bagi-bagi tugas karena lokasi kebakaran ada lima titik hari ini di Batam. Petugas lebih banyak diturunkan ke Batuaji untuk mengantisipasi api menjalar ke pemukiman warga," jelas dia.

Dari lima titik lokasi kebakaran, lanjut Slamat, yang sudah ditangani petugas baru ada empat lokasi. Sementara kebakaran yang terjadi di lokasi Jembatan IV belum tertangani oleh petugas, akibat kurangnya SDM dan armada.

"Kita mengutamakan yang lebih rawan dan dekat pemukiman warga. Setelah itu baru titik lain kita tangani lagi," ujarnya.

Di sisi lain, warga yang terkena dampak kabut asap mulai mengeluh. Diharapkan, Pemerintah cepat mengambil tindakan atau menurunkan bantuan berupa masker untuk mengantisipasi penyakit.

"Paling tidak ada bantuan masker lah, asapnya makin tebal. Mata pun sudah mulai perih," kata Sanjani, salah satu warga di Perumahan Rindang Garden.

Editor: Dodo



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Kabut Asap Ancam Batam