informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Kebun Raya Batam Bakal Dilengkapi Wahana Kereta Gantung

BATAM NANTI-- Tahun ini Kebun Raya Batam (KRB) akan mulai dikerjakan. Untuk menarik pengunjung, rencananya di sana akan dibangun wahana kereta gantung (Botanical Skyway). Dengan wahana ini pengunjung akan bisa menikmati pemandangan dan kawasan sekitar Pulau Batam.

Dadang Rukhmana selaku  Direktur Perkotaan Direktorat Jendral Tata ruang Kementerian Pekerjaan Umum mengatakan bahwa pengerjaan tahun ini dilakukan mulai pembangunan fisik, seperti jalan utama, kantor opersional dan beberapa fasilitas pendukung lainya.

“Di sana akan dibangun wahana kereta gantung, pelaksanaan pembangunan dilakukan setelah Detail Enginering Desain (DED) disepakati oleh Pemko Batam,” katanya.

Dadang mengatakan pihaknya akan membicarakan beberapa hal penting terutama kesepakatan dalam ‘Site Plant’. Apakah sudah sesuai dengan keinginan masyarakat, Batam. Bila sudah disepakati, maka lanjut Dadang, pihaknya juga akan menentukan prioritas apa yang dikerjakan di 2014 dan tahun-tahun berikutnya.

“Apabila ini sudah firm (tetap), ini akan sahkan di pusat. Baru kita lelangkan, baru bisa kita kerjakan.  Kita sendiri memiliki komitmen tinggi untuk membangun ini,”katanya.

KRB ini adalah yang  pertama yang  di Indonesia yang dibangun oleh Kemen PU dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mulai dari nol.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengaku sangat setuju dengan Detail Engginering Design (DED) dari KRB yang sudahada. Meski demikian, ia belum berkomentar terkait teknis pelaksanaanya. Tetapi bila ada kendala atau sesuatu hal yang diperlukan, Dahlan mengaku siap menjelaskan ke Kemen PU.

“Tahapan dan teknis, kita serahkan ke ahlinya saja. Tapi bila ada hal-hak yang harus kita tempuh seperti ketemu menteri, kami siap. Kami akan menjelaskan,”kata Dahlan.

Menurut Dahlan, KRB ini nantinya berpeluang untuk menarik kunjungan wisatawan terutama dari Singapura. Apalagi di Singapura saat ini tidak ada ruang terbuka hijau.Seperti diketahui, sejak 2008, di Batam telah ada lahan di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa seluas 86 hektare yang akan dikembangkan sebagai kebun raya bertema ‘Konservasi Tumbuhan Pulau-pulau Kecil di Indonesia’. (Batampos/ian)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Kebun Raya Batam Bakal Dilengkapi Wahana Kereta Gantung