informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

IKHLASKAH SEORANG GURU MENGAJAR ?

Guru Mengajar
BATAM HARI INI-Kunci keberhasilan guru dalam mengajar adalah ikhlas. Bila mana guru mengajar tidak dibarengi dengan keikhlasan, maka mengajar akan terasa berat,  waktu mengajar pun dirasakan lama. Bahkan materi yang disampaikanya akan terasa sulit. Berbeda bila seorang guru itu mengemban tugasnya penuh dengan rasa keikhlasan, maka ketika mengajar akan terasa ringan, materi yang disampaikan terasa mudah, dan anak didikpun terasa nyaman mudah menyerap materi diajarkan.
Demikian dikatakan Kepala Sekolah SMPN 20 Batam, Diansyah usai menutup kegiatan soft skill untuk kalangan guru di SMPN 20 Batam, Sabtu (15/2). Kegiatan soft skill yang dimulai pukul 9.30 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB, dengan narasumber penyuluh nasional R Dewi Novita Kurniawati SPsi MPsi, dan dibuka langsung Kepala Disdik Kota Batam, Drs H Muslim Bidin.     

Menurut Diansyah, dengan pelatihan soft skill ini diharapkan guru memiliki semangat mengajar yang tinggi serta menyadari benar akan tugas dan tanggungjawab seorang guru. Karena Dinasyah menilai, dalam kegiatan soft skill ini mindset guru benar-benar diubah agar guru menjalankan tugasnya penuh rasa keikhlasan. Bila guru mengajar penuh keikhlasan, maka kata Diansyah anak didik akan merasa nyaman belajar.

"Bila guru mengajar penuh rasa keikhlasan, ia tanpa mengharap apapun dari orang yang dihadapinya, yang ia harapkan hanyalah memberikan yang terbaik untuk anak didik. Itulah gunannya guru diberikan pelatihan soft skill ini, agar dirinya mampu menata hati untuk ihklas serta mampu lebih banyak membuat perubahan positif. 

"Tugas guru itu tak hanya sekedar menjalankan tugas kedinasan dalam melakukan pengajaran di sekolah. Melainkan guru bisa bekerja mendidik siswa dengan hati yang iklas sehingga anak didik menjadi lebih santun dan memiliki karakter yang baik. Maka dari itu sosok guru harus memberikan keteladan dalam mengajar, bersikap dan memberikan contoh yang baik bagi siswanya," kata Diansyah lagi. Seraya mengatakan, bahwa dirinya sejauh ini berupaya terus mendorong guru bekerja dengan professionalisme dan bekerja disiplin sehingga menjadi contoh bagi siswa-siswa.

Sementara Kepala Disdik Kota Batam, Drs H Muslim Bidin mengatakan, bahwa pelatihan soft skills ini sangat penting bagi guru dalam mengubah mindset dirinya mengerti akan tugas dan tanggungjawabnya. Diharapkan Muslim dengan dibekali pelatihan soft skill ini sikap dan tingkah laku guru lebih santun dan menjadi contoh tauladan. 

"Memang kita sadari merubah mindset guru ini tidak bisa kita lakukan dalam sekali pelatihan saja, namun setidaknya dengan guru diberi pelatihan soft skill lebih tahu akan merubah mindset pola pikir dalam membangun karakter anak didik sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013. Disamping itu adanya pelatihan ini guru jadi memiliki ilmu baru yang dapat meningkatkan profesionalisme. Apalagi dengan penerapan Kurikulum 2013, pengembangan Soft Skill merupakan  suatu kebutuhan para pendidik dalam rangka memperkaya kualitas diri, serta membentuk karakter bangsa," katanya.



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

IKHLASKAH SEORANG GURU MENGAJAR ?