informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

SBY Bakal Buka MTQ XXV Tk. Nasional Di Batam

Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani mengatakan, sesuai konfirmasi dan juga pengaturan jadwal kepresidenan, Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan hadir langsung untuk membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXV tingkat Nasional pada 6-10 Juni mendatang di Batam.
BATAM HARI ESOK - Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani mengatakan, sesuai konfirmasi dan juga pengaturan jadwal kepresidenan.

Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan hadir langsung untuk membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXV tingkat Nasional pada 6-10 Juni mendatang di Batam.
"Sampai detik ini belum ada perubahan, Presiden sendiri yang akan membukanya," ujar Sani usai rapat koordinasi panitia MTQ Nasional dan Pekan Produk Kreatif Indonesia PPKI di Graha Kepri, Batam Centre, Rabu (26/2).

Hanya saja, menurut Sani, untuk teknis pembukaan acara MTQ dan PPKI akan ada dua opsi. Dan kedua opsi inilah yang menurutnya sedang dikoordinasikan dan akan dipastikan pada rakor besok (hari ini, red).

Dalam kesempatan tersebut, Sani juga mengatakan bahwa pada acara pembukaan MTQ Nasional itu juga akan diisi dengan pemberian gelar kehormatan kepada Presiden. “Untuk teknisnya, akan kami bahas dalam beberapa hari mendatang,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua pelaksana MTQ XXV tingkat Nasional, Soerya Respationo mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan dua opsi pembukaan tersebut. 

“Pertama, PPKI dibuka oleh Menko Kesra pada 6 Juni pukul 14.00 WIB dan malamnya MTQ dibuka oleh Presiden pada pukul 20.00 WIB,” kata Soerya.

Sedangkan opsi kedua, MTQ dan PPKI dibuka bersamaan oleh Presiden Republik Indonesia pada pukul 20.00 WIB. “Kepastiannya rencananya akan diputuskan besok (hari ini, red) oleh sekretariat Presiden,” paparnya.

Untuk upacara pembukaan PPKI dan MTQ sendiri juga disiapkan dengan menggunakan dua opsi. Jika PPKI dibuka oleh Menko Kesra, maka lokasi acara akan ditempatkan di pelataran parkir Islamic Centre didepan Asrama Haji Batam Centre. Adapun lokasi pembukaan MTQ akan ditempatkan di arena utama MTQ Nasional di Lapangan Engku Putri Batam Centre.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Endjang Sudrajat dalam rapat itu tersebut mengingatkan agar pusat informasi diperkuat. “Mengingat akan banyak peserta dari seluruh Indonesia,” kata Endjang.

Sementara itu, Danlantamal Laksamana Pertama Agus Heryana mengatakan bahwa pihaknya siap mengamankan kehadiran Presiden dalam pembukaan MTQ kali ini. “Seperti biasa, kami akan menyiagakan KRI untuk escape Presiden dalam keadaan mendesak,” jelas Agus. 

Selain membahas rencana pembukaan MTQ dan PPKI, rapat kali ini juga membahas lokasi acara pelaksanaan MTQ.  Cabang Tilawatil Qur'an anak-anak remaja dan dewasa akan berlangsung di Astaka Utama MTQ Nasional Dataran Engku Putri. Sedangkan cabang lomba Tilawah Qur'an dilangsungkan di Aula Siskohat  dan Qira’at Al Qur'an akan dilangsungkan di PIH Batam. Di lokasi ini juga akan dilangsungkan cabang lomba untuk cacat netra, Tartil dan Qira’at Al-Qur'an.

Untuk cabang lomba Hafiz Alquran (1juz, 5juz Alquran dan Tilawah) akan dilangsungkan di Mesjid Baiturrahim Batam Centre. Cabang Hafiz Al-quran 10 juz sampai dengan 20 juz Al-Quran akan dilangsungkan di aula BP Kawasan lantai 3.

Adapun cabang lomba Hifzh dan Tafsir Alquran (hafiz 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab)dilangsungkan di Aula Sekolah Harapan Utama Batam Centre. Cabang lomba Tafsir Alquran  (Tafsir bahasa Arab dan Inggris) dilangsungkan di aula Aula LAM Kota Batam lantai 2. Di kantor LAM Batam Centre lantai 3  juga akan dilangsungkan lomba Fahm AlQur'an ( Fahmil AlQur    'an ). Selanjutnya, cabang lomba Khath AlQur'an (Naskah, hiasan Mushaf dan dekorasi) akan dilangsungkan di Sport Hall Sekolah Global Indonesia Batam Centre. Terakhir, cabang lomba  Syarh AlQur'an (Syarhil AlQur'an ) akan diselenggarakan di aula Politeknik Negeri Batam. (hk/r/ays)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

SBY Bakal Buka MTQ XXV Tk. Nasional Di Batam