informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Titik Tempat Parkir Jelang MTQ Nasional Di Batam Telah Ditentukan

Menampung Ribuan Kendaraan

BATAM HARI ESOK - Panitia Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXV tingkat Nasional di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menyiapkan enam titik lokasi parkir dan akan memasang rambu-rambu dalam menyongsong ajang akbar dua tahunan tersebut  Untuk hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri akan bekerjasama dengan Dishub Kota Batam serta pihak Dirlantas Polda Kepri.
Kepala Dishub Kepri, Muramis, saat dijumpai Haluan Kepri akhir pekan kemarin mengatakan, dari enam titik lokasi parkir tersebut, nantinya dapat menampung ribuan kendaraan roda empat dan roda dua.

"Kendaraan roda empat bisa ditampung lebih kurang sebanyak 3 ribu unit dan roda dua sebanyak 5 ribu unit," jelas Muramis.

Dikatakan Muramis, enam titik tersebut diperoleh setelah adanya pertemuan antara panitia MTQ XXV Nasional dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam serta Dishub Provinsi dan Kota Batam. Dalam pertemuan itu, ucap Dishub Kepri, pihak BP Batam meminjamkan lahannya untuk digunakan sebagai tempat parkir.

"Saat ini lokasi tersebut dalam proses perapihan lahan dan nantinya akan dipasang lampu penerangan. Selain itu, panitia juga telah membicarakan untuk menggunakan lahan parkir yang sudah ada seperti di Mega Mall, Gedung Sumatra Centre, halaman DPRD Batam, kantor Walikota dan daerah lainnya yang ada tempat parkirnya," ungkap Muramis lagi.

Hingga kini, lanjutnya, masalah perparkiran telah aman. Sementara terkait rambu-rambu untuk mengatur jalur lalu lintas saat penyelenggaraan MTQ akan dirapatkan dan dibahas dalam pekan ini. 

"Direncanakan, pada April mendatang, rambu-rambu dan akses keluar masuk kendaraan bermotor telah final," ucapnya seraya menambahkan pada waktu pembicaraan tersebut juga dibahas tentang rute yang akan dilalui oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada saat pembukaan nanti.

"Kita ingin MTQ Nasional di Batam Kepri ini berjalan aman, lancar, dan sukses. Makanya, segala sesuatu harus dipersiapkan jauh-jauh hari, biar tidak keteter pada hari pelaksanaan," tambahnya lagi.

Sementara terkait kendaraan yang akan digunakan oleh masing-masing kafilah, Muramis mengatakan, pihaknya telah siapkan mobil untuk antarjemput bagi setiap peserta.

"Masing-masing kafilah nantinya mendapatkan dua mobil Inova satu Avanza serta dua bus dan truk saat akan melaksanakan pawai taaruf pada pembukaan MTQ. Selain itu, nantinya panitia juga akan menyiapkan mobil bagi para juri dan hakim MTQ guna memudahkan mereka dalam menjalankan tugasnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana MTQ XXV Nasional yang juga Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, mengungkapkan, jika persoalan perparkiran dan perhubungan selama MTQ merupakan hal yang vital.

"Namun, Panitia khususnya dishub Kepri, Batam, serta serta intansi terkait lainnya telah merumuskan hal ini. Insya Allah, semua akan berjalan lancar sesuai harapan kita. Kita ingin masalah perhubungan, parkir, terutama saat kedatangan Presiden RI dan juga saat akan memasuki arena MTQ Nasional merupakan hal yang penting dalam penyelenggraan akbar ini," jelas Soerya. (sut)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Titik Tempat Parkir Jelang MTQ Nasional Di Batam Telah Ditentukan