informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Kapal Tangker Disita Di Batam, Ada Apa ?

Pengadilan Negeri (PN) Batam menyita kapal tangker Eagle Prestige yang bersandar di Pulau Janda Berhias
BATAM HARI INI -Pengadilan Negeri (PN) Batam menyita kapal tangker Eagle Prestige yang bersandar di Pulau Janda Berhias, Selasa (26/2) sekitar pukul 10.00 WIB.
Penyitaan kapal MV Engedi ex Eagle Prestige yang berbendera Panama tahun 2008, GRT 13,995.95 IMO 7724954 ini menandakan bahwa kapal ini dalam status quo.

"Penyitaan ini dilakukan agar tidak bisa diperjualbelikan," ujar Humas PN Batam, Thomas Tarigan di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Thomas, penyitaan ini untuk menghindari pengalihan hak atas barang yang menjadi objek perkara. Dan untuk mencabut sita jaminan itu sendiri, perlu dikeluarkan surat untuk penyitaan tersebut.

Pantauan di lapangan, kedatangan tim juru sita PN Batam ini diikuti oleh kuasa hukum Vijai kumar Daswani. Tim ini didampingi oleh petugas kepolisian untuk melakukan pengamanan.

Dalam melakukan penyitaan ini, mereka memasang spanduk besar yang berisikan bahwa kapal ini dalam sita jaminan. Dan tertulis nomor surat penetapan sita nomor 33/PEN.PDT.G/PN.BTM tertanggal 25 April 2013 dan surat berita acara penyitaan nomor 33/BA.PDT.G/SJ/PN.BTM tertanggal 26 April 2013.

"Gugatan kami diterima. Dan ini sudah inkrah," ujar Kuasa Hukum Vijai yang menggugat PT Bina Bahari Makmur dalam perkara wanprestasi, Viona usai mengikuti penyitaan kapal tersebut.

Informasi di lapangan, kapal bernilai sekitar Rp25 miliar ini dibeli oleh Vijai dengan harga belasan miliar rupiah kepada PT Bina Bahari Makmur. Namun, Vijai baru melakukan pembayaran sekitar Rp7 miliar. Karena kapal yang dibeli ini tidak kunjung datang, makanya Vijai menggugat PT Bina Bahari Makmur (BBM).

Dari hasil putusan pengadilan, Hakim memutuskan PT BBM untuk mengembalikan dana penggugat yakni Vijai sebesar Rp7 miliar. "Putusannya gugatan diterima dan tergugat harus mengembalikan dana penggugat. Bukan berarti penggugat menguasai kapal tersebut," ujar sumber Haluan Kepri di PN Batam yang dipercaya.

Menurut sumber itu, untuk berbicara mengenai keberadaan kapal itu sudah sangat rumit. Karena, sudah banyak pihak yang saling lapor. Sehingga kapal itu sudah jadi 'panas'.

"Banyak yang mengaku kapal tersebut. Dan semua membawa surat kapalnya. Namun yang mengeluarkannya berbeda-beda," ujarnya sambil tersenyum.(hk/doz)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Kapal Tangker Disita Di Batam, Ada Apa ?