informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Batam Menuju AFTA 2015

GMI Kepri Gelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan

BATAM NANTI- Agar tidak menjadi penonton atau sekedar menjadi konsumen di negeri sendiri, kita perlu mempersiapkan diri dalam  menghadapi AFTA 2015 mendatang. Hal tersebut menjadi salah point penting dihasilkan dari acara Sarasehan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Belakang Padang, Minggu (16/2).
Acara yang diselenggarakan oleh Garuda Muda Indonesia (GMI) DPD Kepri bekerjasama dengan Nusantara Studies dan SMAN-2 Batam ditujukan untuk mengajak kalangan pelajar di wilayah pesisir untuk lebih sadar dengan potensi kekayaan Sumber Daya Alam (sda) di daerahnya dan kemudian memanfaatkan potensi tersebut secara seimbang.

Sedikitnya 70  peserta hadir dalam acara yang bertema "Peran Pemuda dalam Pengembangan Potensi Ekonomi Kerakyatan di Wilayah Pesisir Guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia" tersebut.

Perwakilan Badan Pengelolah Perbatasan (BPP) Provinsi Kepri, Syaiful Anwar mengingatkan bahwa setiap individu wajib mengenal potensi alamnya secara baik, sehingga dapat memanfaatkan secara baik pula.

Posisi Kepri sebagai wilayah kepulauan, menurutnya, memiliki potensi SDA Kelautan sangat menjanjikan jika dikelola secara baik. Apalagi letak strategis Provinsi Kepri yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga dan juga posisi perairan Kepri yang menjadi kawasan perlintasan perdagangan internasional.

" Karena kita wilayah kepulauan, potensi kelautan kita cukup menjanjikan," katanya.

Pemateri lainnya, Rosmala Dewi yang mewakili Dinas PMPK dan UKM Kota Batam, mengatakan bahwa meski kita memiliki SDA yang menjanjikan, tapi kita harus memiliki jiwa wirausaha yang didasari dengan pendidikan formal yang seimbang.

Hal ini penting, lanjut dia,  karena selama ini kita memiliki SDA yang melimpah, tapi kenyataannya masih banyak masyarakat kita yang kemampuan ekonominya lemah. Sehingga dibutuhkan sebuah terobosan pendidikan yang berwawasan kewirausahawan.

" Konsep pendidikan kita sepertinya masih belum tepat, harusnya sistem pendidikan kita melahir SDM yang berwirausahawan," ungkapnya. 

Sementara itu, panitia pelaksana Cris Topan mengatakan, bahwa pelaksanaan Sarasehan Wawasan Kebangsaan GMI DPD Kepri,  merupakan pengenalan awal kepada para pelajar, terutama pengenal potensi alam dan upaya mempersiapkan diri menuju AFTA 2015 mendatang. (Haluan Kepri / ays)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Batam Menuju AFTA 2015