informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

AEC 2015, Batam Bakal Banjir Pencari Kerja

Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://www.haluankepri.com/news/batam.html
Batam Bakal Dibanjir Pencaker, Saat Penerapan AEC 2015
BATAM NANTI - Batam sebagai kawasan industri bakal dibanjiri para pencari kerja, baik yang datang dari luar negeri maupun dalam negeri saat penerapan ASEAN Economic Community (AEC) tahun 2015 mendatang. 

" Jumlah pergerakan penduduk ke Batam pasti lebih banyak, apakah dari dalam ataupun luar negeri. Sebab, bagi pencaker dari luar negeri, tidak membutuhkan izin khusus, hal ini nantinya akan berdampak pada sektor tenaga kerja, " kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, belum lama ini.

Ia mengatakan, pemerintah harus lebih memperhatikan hal ini, karena tingkat persaingan antara pencaker lokal dan asing akan lebih ketat. 
Karena itu, kepada pencaker agar bisa meningkatkan kualitasa dan kuantitas kerja dalam menghadapi AEC 2015. 

" Kita jangan sampai kalah dalam kualitas,  karena akan bersaing dengan orang luar negeri yang ingin mencari kerja ke sini, " ujarnya.

Saat AEC nanti, ASEAN ditargetkan memiliki economy market atau sama dengan pasar ekonomi tunggal. Artinya, dalam pergerakan barang produksi, jasa investasi dan manusia semakin bebas melewati negara anggota ASEAN.

Dikatakan dia,  akan menjadi titik puncak regionalisasi ekonomi ASEAN sejak tahun 1990. Tidak hanya itu, pada perkembangan AEC, sudah ada kesepakatan ASEAB Mutual Recognition Arrangements (MRAs). Kesepakatan itu sebagai implementasi dari perpindahan tenaga kerja agar ada harmonisasi antar negara di kawasan tersebut.

" Implementasi kesepakatan itu termasuk beberapa bidang profesi yang bisa diproses masing-masing negara sebagai persiapan, "ujarnya.

Bidang profesi itu meliputi permesinan, perawat, arsitektur, surveyor, medis, dental atau praktek kedokteran gigi dan akuntansi. 

" Pada sektor-sektor itu, tenaga kerja Indonesia harus berhadapan dengan tenaga kerja dari sesama negara ASEAN yang mempunyai sertifikasi dan mendapatkan pelatihan secara berkala,"pungkasnya. (byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

AEC 2015, Batam Bakal Banjir Pencari Kerja