informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Diprediksi Ribuan Murid SD Tahun Ajaran 2014 Di Batam Tak Tertampung Di Sekolah

Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://batampos.co.id/baca/batam
BATAM HARI ESOK-Persoalan klasik keterbatasan ruang belajar di Batam masih menjadi momok bagi siswa serta orang tuanya. Tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya ada seribuan lulusan SD yang bakal tidak bisa masuk SMP.

Pasalnya jumlah siswa SD yang akan lulus tahun ini sebanyak 15.900 orang sementara daya tampung SMP di Kota Batam hanya 14.109 orang. Artinya ada 1.781 siswa SD yang diprediksikan tidak bisa melanjutkan ke tingkat SMP.

Jumlah Pendaftar Peserta Didik Baru (PPDB) calon siswa SMP yang baru lulus SD tahun ini diprediksi membludak, melebihi daya tampung maksimal siswa. Sebab, jumlah kelulusan SD untuk saat ini lebih banyak dibandingkan kapasitas atau penerimaan nantinya.

Demikian disampaikan Kabid Program Disdik Batam sekaligus penanggungjawab PPDB di Batam, Maryulis sore tadi, Minggu (8/6).

Menurut Maryulis, siswa terbanyak yang baru lulus dari SD dan hendak masuk SMP negeri tertinggi berada di Kecamatan Sagulung sebanyak 2.748. Sedangkan untuk di Bulang hanya 201 orang. Untuk Batam Kota hanya 2.586 siswayang hendak masuk SMP.

“Siswa lulus dari SMP hanya 10.598. Bagi yang tak tertampung di SMP negeri, kami dari Disdik Batam akan mengupayakan segala cara yang terbaik bagi calon siswa yang mau masuk SMP,” ujar Maryulis.

Disdik Batam tahun ini juga menambah jumlah ruang kelas baru untuk tingkat SD sebanyak 34 yang tersebar di hampir seluruh SD negeri di Batam.

Kalau kapasitas maksimal untuk satu ruang kelas baru itu 35, maka sebanyak 34 RKB tambahan yang ada saat ini dan sudah siap digunakan, akan bisa menampung sebanyak 1.190 murid baru. Sedangkan untuk SMP sudah ada 20 tambahan RKB yang sudah siap pakai. Artinya 20 RKB itu nantinya akan bisa membantu menampung lagi sebanyak 800 siswa lulusan SD. Itu kalkulasinya satu ruang kelas baru diisi maksimal 40 siswa.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akan membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara serentak untuk seluruh sekolah tingkatan mulai jenjang SD hingga SMA/SMK.

Pendaftaran siswa baru sendiri sudah dijadwalkan akan jatuh pada  tanggal 1 sampai 4 Juli atau selama empat hari berturut-turut. Sedangkan untuk proses seleksinya  akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 4 dan 5 Juli nanti.

“Semuanya serentak atau sama hari maupun tanggalnya. PPDB kali ini tetap menggunakan sistem online namun secara rayonisasi,” ujar Maryulis.(gas)




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Diprediksi Ribuan Murid SD Tahun Ajaran 2014 Di Batam Tak Tertampung Di Sekolah