informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Gagasan Brilian Walikota Batam Di World Cities Summit Mayors Forum 2014 Singapura

Walikota Batam Ahmad Dahlan saat menyampaikan gagasannya di pertemuan Wolrld Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2014 atau Forum Wali Kota Se-Dunia, yang berlangsung di Sands Expo and Convention Centre, Marina Bay Sands Singapura, Minggu (1/6). Foto: Humas Pemko Batam
BATAM HARI INI – Walikota Batam, Ahmad Dahlan ikut menyumbangkan gagasan dalam pertemuan Wolrld Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2014 atau Forum Wali Kota Se-Dunia, yang berlangsung di Sands Expo and Convention Centre, Marina Bay Sands Singapura, Minggu (1/6).

Pertemuan yang dihadiri 1.000 peserta, di mana 400 orang di antaranya adalah wali kota dari berbagai belahan dunia itu, mengangkat tema Liveable and Sustainable Cities: Common Challenges, Shared Solutions (Kota Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan: Tantangan umum, Bersama-sama Mencari Solusi). Forum ini merupakan lanjutan yang dihasilkan pada WCS di Bilbao Spanyol tahun sebelumnya.

Dalam forum 1 dimana Batam tergabung bersama Qatar, Guangzhou , Chengdhu, Cityzenith,  dan Rotterdam itu, Dahlan mengusulkan empat gagasan untuk dibahas. Pertama,  keterpaduan perencanaan pembangunan dari jangka pendek dan panjang. Kedua, kepemimpinan yang kuat dan independen. Ketiga, dukungan dari semua tingkatkan pemerintahan, dan keempat, mendesain dukungan masyarakat yang berbasis tekhnologi.

”Dengan adanya dukungan tekhnologi, adanya Standard  Intellegent Cities, dan anggaran yang cukup, maka akan mempercepat kemajuan kota dimana pun di dunia, dan Batam telah menuju kota yang berbasis tekhnologi,” kata Dahlan.

Setelah melalui diskusi dan pembahasan yang alot, keempat usulan tersebut akhirnya menjadi bagian kesimpulan akhir kelompok pada laporan akhir kelompok di forum yang disampaikan Ketua Kelompok Intellegent Cities, Mr Rob Steele dari Swiss.

Ketua WCS Mayors Forum 2014, Mr Lee Yi Shyan yang juga menjabat Meteri Perindustrian dan Perdagangan Singapura, dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah menjadi  forum penting terbesar di dunia. Sebab, forum ini bertujuan mencari solusi terhadap permasalahan yang mendesak dari sesuatu kota.

”Pada kesempatan ini sengaja di undang organisasi internasional dan pengusaha berkelas dunia agar bisa bertuka pikir dan mencari jalan keluar terkait persoalan-persoalan kota,” ujar Lee.

Ada enam topik yang diangkat dalam forum ini, yaitu tentang kualitas hidup yang baik, lingkungan yang berkesinambungan, ekonomi yang bersaing, perencanaan jangka panjang terpadu, pemerintah kota yang dinamis, dan kota berbasis tekhnologi  (Intelligent Cities).

Selain acara WCS Mayors Forum, juga diadakan kegiatan Lee Kuan Yew World City Prize Lecture and Forum, dan World Cities Summit Young Leaders. Pada kesempatan itu, juga telah diputuskan bahwa tuan rumah WTC 2015 adalah Kota New York, Amerika Serikat. (Batampos/mta)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Gagasan Brilian Walikota Batam Di World Cities Summit Mayors Forum 2014 Singapura