informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menengok Uang Kuno Abad ke Empat di PPKI

BATAM HARI INI - Stand Syariah Expo Bank Indonesia dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) memamerkan uang kuno dari masa-kemasa. Uang pameran tertua ada sejak abad ke empat dan abad ke 13.
Dalam pameran uang itu, ada berbentuk uang kertas dan logam atau emas. Uang tertua yang dipamerkan merupakan uang dirham berbahan kain dan ada juga terbuat dari emas yang besarnya tidak lebih dari sebutir jagung dari kerajaan Aceh dan kerajaan Samudera Pasai.
Departmen Pengelolaan Aset BI Jakarta Hasti A Dwiputranti mengatakan, setiap pengunjung yang datang dapat bertanya sejarah hadirnya uang sebagai alat pembayaran.
“Masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak, dipersilahkan datang,”jelas Hasti, ditemui di stand BI, Sabtu (7/6).
Selain itu, lanjut Hasti pihaknya juga memberikan edukasi bagi pengunjung bagaimana membedakan uang palsu dan uang asli, seperti menggunakan 3D, benang pengaman dan nomor seri. Kemudian penjelasan mengenai peran BI itu sendiri sebagai bank sentral.Dalam pameran itu, juga diperlihatkan uang rupiah pertama yang saat itu masih bernama Oeang Reopeblik Indonesia (ORI) yang dicetak pada 30 Oktober 1946. Kemudian, Oeang Repoeblik Indonesia daerah (ORIDA) yang terbit sesuai PP nomor 19/1947 karena saat itu peredaran ORI tidak maksimal hingga ke daerah.
Selain pemaran uang, Bank Indonesia juga memperlihatkan emas batangan seberat 13,5 Kg. Baik emas dan uang, dipamerakan dalam sebuah kubus kaca. Untuk melihat uang sebutiran jagung ini, BI juga menyediakan alat pembesar.
Pameran PPKI merupakan event nasional ke delapan dan pertama kalinya dilaksanakan di luar Jakarta. Pada pameran yang dipusatkan dikawasan terintegrasi Islamic Center menghadirkan ratusan stan dengan berbagai macam produk. Pameran ini akan berlangsung hingga Kamis (12/6) Media Center Batam



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menengok Uang Kuno Abad ke Empat di PPKI