informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Meriahnya Pawai Taáruf MTQ Nagoya di Nagoya Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam
BATAM HARI INI - Pawai Taaruf yang merupakan rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXV tingkat Nasional di Batam yang berlangsung kemarin, Kamis (5/6), berjalan meriah.
Meskipun diguyur hujan, namun, pawai yang diikuti oleh peserta dari perwakilan 33 provinsi di Indonesia yang dilepas oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono didampingi Gubernur Kepri, Muhammad Sani dan Ketua LPTQ Kepri, Soerya Respationo, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Batam.

Pawai Taáruf Nagoya - Batam
Meski harus menembus hujan, sekitar 3.000  peserta pawai tetap semangat berjalan kaki dari Hotel Pasifik Jodoh hingga Hotel Nagoya Plaza, Nagoya sejauh 1,9 km.  Begitu pula ratusan warga Batam yang memadati pinggir jalan utama kawasan bisnis itu.

Ketua Panitia Pawai Taaruf, Muramis, mengatakan pawai dilaksanakan sebagai penghormatan dari seluruh kafilah kepada masyarakat Batam, sebagai tuan rumah MTQ Nasional.

Pada tampilan pertama, sekitar 100 orang praja IPDN Jatinangor menampilkan atraksi di depan Menko Kesra yang juga Menteri Agama Ad Intern, Agung Laksono. Dalam aksinya, sekitar 20 praja IPDN memperlihatkan kemampuannya dengan mengangkat drum dan terompet menggunakan gigi.

Pawai Taáruf Nagoya - Batam
Setiap daerah juga menunjukkan keunikan masing-masing. Kafilah Banten misalnya, beberapa orang jawara menggesek-gesekkan golok ke tangan dan ada pula jawara yang mengeluarkan sapu tangan dari dalam batok kelapa. Dari Jakarta, pemain lenong Mpok Nori ikut menyemarakan pawai dengan bernyanyi di atas kendaraan hias. Sementara, sebanyak 100 orang ibu-ibu dharma wanita Pemerintah Provinsi Riau juga ikut meramaikan pawai dengan bermain marching band, membawakan lagu Lancang Kuning. Tidak hanya itu, kendaraan modifikasi serta penampilan budaya masing-masing daerah pun sontak memukau masyarakat Batam. Seperti penampilan dari Lingga yang memodifikasi sebuah sepeda motor dengan bentuk Unta.  

Atraksi yang ditunjukan oleh para peserta memberi hiburan yang menyegarkan bagi warga Batam. Mereka yang memadati kawasan Nagoya mengaku senang dengan beragam pertunjukan dari setiap kontingen.

"Atraksi yang ditunjukan para peserta sangat menarik dan menghibur. Biar hujan dan basah-basah, yang penting senang. Kapan lagi bisa lihat pawai sebesar ini," kata Alimah, salah seorang warga Batam.

Rombongan taaruf diterima Wali Kota Batam Ahmad Dahlan bersama Wakil Wali Kota Rudi. Dahlan memberikan apresiasinya kepada peserta pawai. Dikatakannya, meskipun cuaca hujan namun semangat para peserta tidak pudar mengikuti Pawai Taaruf.

"Saya sangat berterima kasih dan apresiasi yang cukup besar bagi seluruh kafilah yang mengikuti pawai taaruf. Meskipun cuaca tidak mendukung, namun, tidak melunturkan semangat untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Dahlan.

Galery Foto

Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam


Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam

Pawai Taáruf Nagoya - Batam


Penulis : Haluan Kepri



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Meriahnya Pawai Taáruf MTQ Nagoya di Nagoya Batam