informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Listrik Naik Di Batam, Pajak Lampu Jalan pun Naik

BATAM HARI INI - Kepala Dinas pendapatan Kota Batam Jefridin mengatakan kenaikan tarif listrik akan mendorong peningkatan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) sekitar Rp 3,4 Miliar. Di mana PPJU sebelum kenaikan tarif listrik hanya Rp 101,8 miliar, diperkirakan akan naik menjadi Rp 105,2

“Kenaikan listrik ini sudah pasti berpengaruh terhadap pajaknya. Kita perkirakan akan naik di atas tiga miliar,” katanya.

lampumatiJefridin menjelaskan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pajak penerangan jalan umum ini sebesar enam persen dari penghasilan PLN Batam. Semakin tinggi tarif listrik maka PPJU ini akan semakin tinggi juga.

Apakah PLN sering telat bayar pajak?, Jefridin mengatakan bahwa PLN selalu tepat waktu bayar pajak.

” PLN bayar terus kok. Dan pajak PPJU ini sangat signifikan untuk PAD,” Katanya.

Jefridin menjelaskan bahwa sekitar Rp 99,5 MIliar ini diperoleh dari PPJU lewat PLN, Rp99,5 miliar. Selebihnya dari pelanggan listrik yang menggunakan pembangkit diluar PLN, baik yang menggunakan sendiri atau membeli dari pihak lain, seperti di kawasan industri.

Sebelumnya Walikota Batam dan DPRD Batam sudah mengesahkan kenaikan tarif listrik tersebut di nana tarif listrik naik mulai 1 Juli 2014. PLN yang menyebut kenaikan itu sebagai penyesuain tarif listrik berkala (PTLB), sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Batam No 018/Perindagesdm/VI/2014.

“Penyesuaian tarif listrik yang dilakukan secara berkala tiap 3 bulan sekali,” kata Corporate Secretary bright PLN Batam, Agus Subekti.

Agus mengatakan faktor utama kenaikan tarif listrik ini adalah melemahnya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah, dari nilai acuan dasar Rp. 9.100/USD menjadi sekitar sekitar Rp. 12.000/USD. (ian)



@



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauchid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauchid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, Wassalamu Alaikum Wr Wr

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Listrik Naik Di Batam, Pajak Lampu Jalan pun Naik