informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Penerimaan Peserta Didik Baru Di Batam "Transparan"

Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://www.haluankepri.com/news/batam.html
Kadis Pendidikan "Muslim Bidin"  Diminta Transparan saat PPDB
BATAM HARI INI - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho minta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam transparan saat 
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2014. Disdik harus memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang PPDB, terutama di sekolah unggulan.

Transparansi yang dimaksudkan Legislator PDIP ini, untuk sekolah yang berlebel sekolah unggulan, yakni SMPN 3, SMPN 6, SMKN 1 dan SMAN 1 Batam. Sebelum PPDB digelar, harus ada penjelasan berapa jumlah siswa yang akan diterima, termasuk berapa jumlah murid per kelasnya.

" Kita tidak ingin melihat, kedepan satu kelasnya masih desak-desakan karena jumlah siswa yang diterima membeludak," ujar Udin yang ditemui, Selasa (27/5).

Udin menambahkan, selain transparansi jumlah siswa juga harus ada keterbukaan berapa besaran nilai yang akan diterima di empat sekolah unggulan itu. " Nilai penting, jangn justeru didasarkan berapa sumbangan yang disanggupi oleh orang tua calon siswa," ungkap Udin.

Transparansi lainnya, ujar politisi yang dipercaya kembali sebagai anggota DPRD Batam ini, Disdik juga harus mempertegas apakah pelaksanaan PPDB menggunakan sistem rayon atau on line. Sehingga wali murid tidak bingung.

Transparansi ini penting, kata Udin, karena semakin banyaknya yang tidak transparan maka semakin membuka  peluang maraknya pungutan liar (Pungli) saat PPDB 2014 mendatang. "Semakin tidak transparan, semakin menjamur pula praktek Pungli," terangnya.

Padahal, pemerintah sebagaimana diatur dalam Permendikbud No.60 tahun 2011 yang kemudian diubah dengan Permendikbud No.44 tahun 2012 lalu, melarang keras terjadinya pungutan, terutama pada murid SD dan SMP.

" Kalaupun ada pungutan, kita minta disertai surat keputusan tertulis dari Walikota Batam," jelasnya. 

Selain pungli, Udin juga mengingatkan agar pelaksanaan PPDB tahun 2014 ini bebas dari pengadaan seragam, tapi urusan seragam dikembalikan ke wali murid masing-masing. Berdasarkan survei yang dilakukannya, seragam yang selama ini disediakan pihak sekolah harganya lebih mahal. (ays)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Penerimaan Peserta Didik Baru Di Batam "Transparan"