informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menengok Aktivitas Penambang Pasir Ilegal Batam Yang Kebal Hukum

Kampung Panglong Berubah Jadi Danau
BATAM HARI INI - Pasir Kampung Panglong yang berada di Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, masih terus ditambang oleh orang tak bertanggung jawab.
Dampaknya, kini, Kampung Panglong tak lagi seperti kolam renang, melainkan sebuah danau.

Faktanya, memang sebagian besar masyarakat di perkampungan tersebut tak banyak yang "vokal". Justru, masyarakat lain yang bukan tinggal di Kampung Panglong merasa gerah atas ulah penambang pasir di sana.  

"Sungguh luar biasa aktivitas penambangan pasir darat di Batubesar itu, pelakunya 'kebal' dan pemerintah bahkan tak berdaya," ujar H, salah seorang tokoh masyarakat di Batam, Minggu (6/7). 

Pria yang minta hanya dituliskan inisial namanya itu menuturkan, meski sudah ada aturan Walikota Batam Ahmad Dahlan soal pelarangan penambangan pasir darat di Batam, faktanya masih banyak warga yang mengeruk pasir. 

"Ironi, ada aturan tapi pemerintah seolah tak berkutik. Kita akui memang Bapedalda pernah melakukan razia dan menangkap pelaku dan  menyita mesin penyedot pasir, tapi itu tidak membuat jera. Jelas dong, karena yang ditangkap itu hanya pekerja, bukan dalang di balik pengerukan pasir," tutur H.

Ia mengatakan, tidak sulit bagi Bapedalda sebenarnya untuk menangkap orang-orang yang terlibat dalam penambangan pasir ilegal itu. 

"Yang penting niat dan keberanian, kalau itu tidak ada, ya percuma. Hari ini ditangkap, besok ada lagi yang menambang pasirnya," kata H.

Diketahui, pada 25 Juni lalu, tim terpadu Kota Batam yang terdiri dari Bapedalda, Disperindag dan Satpol PP telah melakukan penyitaan 10 unit alat mesin sedot tambang pasir ilegal di kawasan Kampung Panglong, dan sekitarnya. Kepala Bapedalda Kota Batam Dendi Purnomo mengaku gerah dengan pelaku penambangan pasir darat di kawasan Nongsa tersebut. Karenanya, ia berjanji tidak cuma "menghabisi" aktivitas penambangan pasir di Kampung Panglong dan kawasan Nongsa saja, melainkan seluruh Batam.

"Saya bakal menghabisi semua tambang pasir ilegal yang ada di Kota Batam," tegas Dendi, Senin (30/6) lalu. 

Pantauan Haluan Kepri, Jumat (4/7), di Teluk Bakau Batubesar, Kampung Panglong, hutan bakau di sebelah Kampung Panglong, Batu Mergong-Telok Mata Ikan, penambang pasir ilegal masih malakukan aktivitasnya. Mesin-mesin penyedot pasir masih terdengar meraung-raung di lokasi. Pelaku sama sekali tak merasa takut saat menyedot pasir darat tersebut.

Ironinya, masyarakat sekitar tampaknya memaklumi aktivitas tersebut. Mereka sama sekali tidak mengetahui ancaman dibalik merajalelanya penambangan pasir darat terhadap ekosistem dan kehidupan mereka. (tim)
Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://www.haluankepri.com/news/batam.html



@



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauchid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauchid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, Wassalamu Alaikum Wr Wr

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menengok Aktivitas Penambang Pasir Ilegal Batam Yang Kebal Hukum