informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Soal Rekening Gendut PNS Pemko, Kepala BPMD Batam Diperiksa

BATAM HARI INI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kota Batam, Gustian Riau terkait rekening gendut PNS Pemko Batam. 
Diketahui, PNS yang berinisial NW merupakan anak buah Gustian Riau di BPMD. Dan Gustian Riau diduga mengetahui persis tentang latar belakang serta mengenai rekening gendut yang dimiliki NW. 

" Pernyataan Gustian Riau hal rekening yang dimiliki NW di media beberapa waktu lalu, sepertinya dia (Gustian) banyak mengetahui hal tersebut. Untuk itu, kami mendesak KPK segera memanggil Gustian Riau guna dimintai keterangan sebagai saksi,"ucap Ketua LSM  Badan Anti Korupsi Independen (Bakin) Kepri, Edy Novian, Rabu (9/7). 

Lanjut Edy, pernyataan Gustian Riau bahwa NW tidak akan takut apabila kasus tersebut diproses secara hukum. Sebab, kata Gustian, NW merasa tidak memiliki uang sebesar Rp1,3 triliun sebagaimana yang menjadi temuan PPATK. 

Kata Edy, tentu pernyataan tersebut akan menjadi pintu masuk bagi KPK untuk menelusuri terkait dugaan transaksi keuangan yang dilakukan oknum pejabat Pemko Batam, maka sumber transaksi akan diketahui.    

Dia juga menegaskan bahwa, kasus temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ini, agar terus diusut hingga tuntas.

" Jangan sampai penanganan kasus ini hilang ditelan bumi. Kita akan terus mengawal hingga diproses secara hukum," tandas Edy. 

Menurut Edy, kasus temuan rekening gendut milik seorang PNS tersebut, menimbulkan berbagai dugaan berupa aliran dana -dana lain selain dana asuransi Bumi Asih Jaya (BAJ) yang dilakukan transaksi masuk dan keluar ke oknum pejabat Pemko Batam.

Apabila dugaan tersebut terbukti secara hukum, maka oknum pejabat Pemko Batam serta NW selaku pemiliki rekening ikut terjerat dengan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (UU-TPPU). Maka semua usaha dan harta kekayaan yang dimiliki oleh NW maupun oknum pejabat pemko Batam akan disita negara.

" Kita desak KPK untuk mengusut tuntas rekening gendut milik NW yang merupakan oknum PNS Pemko Batam tersebut. Karena kita kurang percaya dengan aparat penegak hukum, seperti kejaksaan maupun pihak kepolisian dalam menangani kasus seperti ini," tegas Edy Novian.

Sebelumnya, rekening gendut milik NW, seorang wanita cantik yang merupakan PNS di lingkungan Pemko Batam, senilai Rp1,3 triliun diduga melibatkan oknum pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Menurut sumber Haluan Kepri di lapangan menyebutkan bahwa, anggaran yang hampir setara dengan APBD Kota Batam itu, diduga merupakan hasil korupsi dana asuransi bumi asih jaya (BAJ). Bahwa NW disebut-sebut sering melakukan transaksi ke sejumlah oknum pejabat Pemko Batam.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa, dana tersebut merupakan hasil permainan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Kepri. Dimana, NW diketahui merupakan adik kandung dari seorang 'pemain' minyak terbesar di Kepri.

"NW juga punya usaha kue khas Batam yang memiliki outlet dihampir setiap lokasi yang ada di Batam. NW juga memiliki usaha berupa apotek yang menyebar di Batam," sebut sumber terpercaya kepada Haluan Kepri.

Informasi tentang NW yang merupakan adik kandung dari seorang pemain minyak di Kepri, juga diakui oleh salah seorang rekan sekantor dengan NW di salah satu SKPD di Pemko Batam.

"Iya betul. Memang dia (NW) merupakan adik kandung dari seorang pemain minyak terbesar di Kepri. Jabatan NW di kantor sebagai Kepala Seksi (Kasi)," sebut salah seorang rekan kerja NW.(hk/tim)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Soal Rekening Gendut PNS Pemko, Kepala BPMD Batam Diperiksa