informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Kominfo Batam Selanghah Lebih Maju, "Gelar Disemenisasi Sosialisasi JKN"

Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://www.haluankepri.com/news/batam.html
Kominfo Batam Gelar Disemenisasi Sosialisasi JKN
BATAM HARI INI - Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Batam kembali menggelar disemenisasi terkait informasi sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional 2014 di kantor Camat Lubuk Baja, Kamis (22/5).

Disemenisasi tersebut dihadiri perwakilan BPJS Kota Batam, Camat Lubuk Baja, instansi vertikal, dan perangkat RT/RW se- Kecamatan Lubuk Baja.

Camat Lubuk Baja Rudolf menyambut baik kegiatan yang digelar Kominfo Batam dalam memberikan sosialisasi jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan Nasional berbentuk BPJS Batam, merupakan program pemerintah pada awal tahun 2014 ini.

" Ini program pemerintah pusat pada awal tahun 2014 ini. Program ini sangat bagus karena bisa meng-cover jaminan kesehatan buat seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Batam, "kata Rudolf.

Menurut dia, berdasarkan data base yang ada, saat ini masyarakat yang sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan lebih kurang 51 ribu jiwa.  Di kecamatan Lubuk Baja, setidaknya ada sekitar 2 ribu jiwa.

Ia berharap seluruh element masyarakat, khususnya ketua RT/RW di wilayah Kecamatan Lubuk Baja mau memberikan infomarsi terkait BPJS kepada warganya. Khususnya bagi warga yang tidak mampu supaya langsung didaftarkan dalam BPJS kesehatan yang biayanya ditanggung Pemerintah Kota (Pemko) Batam. 

Saat ini, lanjut dia, program pemerintah tentang surat keterangan miskin (SKM) tidak berlaku lagi bila digunakan untuk berobat. Karena itu, Rudolf meminta keseriusan warganya agar aktif menginformasikan dirinya kepada RT/RW, ormas dan lain sebagainya.

" Saya mengharapkan, semua warga di Kecamatan Lubuk Baja, sudah mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, apakah itu BPJS Kesehatan Mandiri ataupun BPJS Kesejahatan yang ditanggung oleh pemerintah, "harapnya.

Kepala Pemasaran BPJS Batam Robet Simatupang menambahkan, sejak 1 Januari 2014 masa transisi 4 bulan, progresnya cukup baik. Dimana respon masyarakat Batam untuk menjadi peserta BPJS terus bertambah.

" Sampai saat ini, masyarakat Batam yang menjadi peserta BPJS sudah mencapai 250 ribu jiwa. Ini menunjukkan kalau masyarakat Batam sangat peduli dengan kesehatan, "paparnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa prinsip penting yang diterapkan BPJS. Prinsip tersebut adalah program gotong royong subsidi silang, tidak ada tujuan mencari laba (nirlaba), terbuka, hati-hati, akuntabilis, portabilitas berlaku seluruh Indonesia, kepersertaan BPJS wajib, dan amanat.

Mengenai kepesertaan ada dua, kelompok pertama bukan menerima bantu iuran, pekerja penerima bantuan iuran (beban pemerintah), anggota keluarga istri atau suami sah serta anak, penerima bantuan Jamkesmas sepenuhnya dibayar pemerintah.

Kalau ada keluhan bisa disampaikan ke kantor BPJS Batam atau telepon 7482444, pelayanan kesehatan dr Endang di nomor handphone 081272820383, online 24 jam 08127798637, Robet Simatupang 08117704548. Manfaatkan nomor telepon ini kalau ada masalah, "pungkas Robet. (byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Kominfo Batam Selanghah Lebih Maju, "Gelar Disemenisasi Sosialisasi JKN"