informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Camp Vietnam Galang Dijadikan Kebun Raya

Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://batampos.co.id/baca/batam
Camp Vietnam Galang Dijadikan Kebun Raya
BATAM HARI INI – Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan pihaknya akan membangun kebun raya di kamp pengungsi Vietnam, Galang. Sepuluh hektare disiapkan untuk dikelola, tetapi fungsinya tidak sama dengan kebun raya yang direncanakan di daerah Nongsa.

”Jadi fungsinya tidak sama dengan yang di Nongsa. Ini untuk menunjang keberadaan kamp bekas pengungsi vietnam. Jadi nanti pengunjung atau turis yang ke sana tidak hanya kamp bekas pengungsi tetapi ada nanti taman yang bisa dinikmati.” katanya.

Meski demikian, menurut Ilham masih dibutuhkan kajian untuk menentukan bentuk dan tumbuhan apa saja nanti yang akan dikembangkan di sana. Ia mengaku bahwa hal ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. ”Ini hanya sebagai penunjang kamp bekas pengungsi vietnam ini. Ini masih terus kita lakukan kajian,” katanya.

BP Batam, kata Ilham mengaku sudah menghibahkan lahan  untuk pembangunan kebun raya Kamp Vietnam yang dikelola BP Batam. Ini sudah terus dibenahi dan menjadi tujuan wisata sejarah yang diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

”Sejumlah perbaikan terus dilakukan di kamp bekas pengungsi Vietnam. Tujuannya agar tetap lestari dan menjadi pilihan wisata alternatif terutama masyarakat Batam,” kata Ilham.

Sementara Kebun Raya Batam di Nongsa seluas 86 hektare masih dalam proses. Ini dirancang akan menjadi sarana konservasi berbagai jenis tumbuhan, pendidikan, penelitian, rekreasi, seperti layaknya kebun raya lain.

Sebelumnya, tim eksplorasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menemukan 283 jenis tumbuhan langka di Batam di antaranya anggrek raksasa yang dikenal sebagai anggrek tebu, gaharu (Aquilaria hirta), kruing, meranti, bintangur, serta rotan yang  sebelumnya belum terdata.

Sebelumnya Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan keberadaan kebun raya diharapkan menjadi solusi tujuan wisata masyarakat. Apalagi selama ini warga Batam belum memiliki kebun raya. Ini juga bisa sebagai sarana untuk edukasi bagi masyarakat Batam.



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Camp Vietnam Galang Dijadikan Kebun Raya