informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

PLN BATAM Siapkan 6 Gengset Jelang MTQ Nasional - Batam

Dukung MTQ NAsional 2014, PLN Batam Siapkan Enam Genset
BATAM HARI INI - PLN Batam  menyiapkan enam unit pembangkit listrik generator set (genset), untuk acara pembukaan perhelatan musabaqah tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV, Jumat (6/6) mendatang. Pemasangan genset dengan total daya 1,7 mega watt (MW) itu, sudah dimulai sejak awal pekan ini.

”Lokasinya di tanah lapang samping Restoran Pondok Gurih,  supaya tidak berisik. Sekarang ini, kami sedang menarik kabel dari bawah melintasi jalan,” kata General Manager Service Business Unit PLN Batam , Buyung Abdul Zalal, Rabu (21/5).

Keenam genset itu nantinya akan menopang ketersediaan listrik untuk lima titik kebutuhan. Yakni, sistem tata suara (sound system), air mancur (aqua scans), tata cahaya (lighting), multimedia, dan tenda utama VVIP. Khusus untuk tata suara, PLN Batam menyiapkan dua genset.

Genset untuk sound system, masing-masing, memiliki daya listrik 250 kilowatt. Sementara untuk aqua scans, PLN Batam menyediakan genset berdaya 300 kilowatt. Genset untuk multimedia dan tenda utama, masing-masing berdaya listrik 200 kilowatt. Daya yang paling besar dimiliki genset untuk sistem tata cahaya sebesar 500 kilowatt.

”Pak Gubernur selalu mengingatkan ‘sound system’, ‘sound system’, ‘sound system’ terus. Makanya, kami siapkan dua genset untuk sound system. Supaya tak terjadi masalah apapun,” tambahnya.

Kebutuhan listrik yang diajukan panitia penyelenggara acara sebesar 1,25 megavolt-ampere. Disampaikan Buyung, kebutuhan tersebut, sebenarnya sudah dapat terpenuhi dengan sistem arus listrik dari pembangkit. PLN telah menambah sebuah transformator (trafo) berkekuatan 1 megaampere di dalam gardu Dataran Engku Puteri. Ditambah dengan sistem yang sudah ada, jumlahnya menjadi 1,6 mega ampere.

Baik genset maupun sistem arus listrik PLN, akan terhubung dengan sistem automatic transfer switch (archos). Sistem inilah yang akan mengalihkan sumber listrik, apabila arus listrik terputus. Pengalihan akan berlangsung kurang dari satu detik. ”Tapi, tidak akan padam lah. Karena suplai listriknya pun sudah diambil dari dua gardu induk yaitu Baloi dan Batam Centre,” katanya.

Disampaikan Buyung, kebutuhan listrik yang paling besar memang ada pada acara pembukaan dan penutupan MTQ Nasional.

Selama pelaksanaan MTQ, beban listrik diperkirakan, tak sampai 500 kilovolt-ampere. Namun, baik trafo maupun genset tetap terpasang hingga MTQ Nasional selesai.

Pemasangan perangkat kelistrikan tersebut ,ditargetkan selesai Minggu (25/5) mendatang. Sebab, keesokan harinya, Senin (26/5), panitia MTQ akan mulai melakukan latihan simulasi. ”Pokoknya sebelum simulasi itu, semua pemasangan harus sudah selesai,” ujarnya. (bp/ceu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

PLN BATAM Siapkan 6 Gengset Jelang MTQ Nasional - Batam