informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Pembukaan MTQ Nasional 2014 Dimeriahkan Seni Lintas Agama

MTQ Tk. Nasional - Batam
BATAM HARI INI – Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang digelar bersamaan dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV tidak hanya berupa pameran produk dalam stan-stan. Tetapi juga berupa gelaran seni dari lintas agama.

”Dan tentunya juga ada seminar-seminar,” kata Haswan Yunaz, Ketua Pelaksana Pusat PPKI.

Gelaran seni dimulai sejak pembukaan, Jumat (6/6). Mengusung tema Kreatifitas dalam Harmoni (Creativity in Harmony), ragam kesenian dari lintas agama dan budaya akan berkolaborasi. Yakni, pembacaan gurindam 12 yang dipadu dengan vokal gerejawi dan diiringi musik dari Rafly Kande Aceh dan Grup Musik Buddhis dari Kepri. Ini masih ditambah dengan pertunjukan Tari Saman Aceh.

Selama pameran, panggung seni akan diisi oleh berbagai pertunjukan. Beberapa di antaranya, pertunjukan kasidah terbaik asal Palu dan pantomim asal Jakarta.

Panitia PPKI juga akan menyematkan acara pagelaran busana. Acara ini khusus memamerkan busana-busana muslim dari Indonesia. Panitia telah bekerja sama dengan Indonesia Fashion Week untuk menampilkan kegiatan ini. Selain itu juga akan ditampilkan kreasi hijab asli Indonesia.

”Kalau seminar nanti ada tentang seni dan industri fashion,” tambahnya.

Kegiatan seminar ini dibagi dalam dua hari. Kegiatan yang dinamai bincang kreatif ini di hari pertama akan membahas dua hal. Pertama, tentang seni pertunjukan dan kedua tentang industri musik.

Perbincangan tentang seni pertunjukan akan mengambil tema ‘Melacak Perkembangan Kreativitas Seni Pertunjukan Islami di Indonesia’. Sementara perbincangan tentang industri musik akan mengusung tema ‘Distribusi Musik Digital melalui Legal Downloading.’

Di hari kedua, akan berbincang tentang industri mode busana muslim yang disertai dengan pelatihan membahas tentang perkembangan busana muslim di Indonesia. (ceu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Pembukaan MTQ Nasional 2014 Dimeriahkan Seni Lintas Agama