BATAM HARI INI -- Pelaksanaan musabaqah tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV yang berlangsung 5-14 Juni 2014 mendatang di Batam, berdampak positif terhadap jumlah penerbangan dan jumlah penumpang yang masuk ke kota industri ini. Efek MTQ ini, diperkirakan jumlah penumpang meningkat 50 persen dan penerbangan meningkat 10 persen.
”Kami mengambil asumsi jika ada 20 provinsi saja yang datang terdiri dari para peserta, ofisial, pendukung, dan lainnya. Padahal, jumlah provinsi di Indonesia sudah 34,” ujar Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, kepada Batam Pos belum lama ini.
Belum lagi, lanjut Suwarso, peserta kementerian dan kelembagaan yang mengikuti pameran Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), undangan negara tetangga, dan negara Islam. ”Tentu itu dalam jumlah yang besar,” ujarnya.
Suwarso menambahkan dalam satu hari jumlah pengunjung yang datang ke Hang Nadim per hari sekitar 5.000 orang. Pada saat MTQ nanti, jumlah tersebut bisa meningkat sekitar 7.500 orang atau lebih sesuai persentase kenaikan 50 persen. ”Selain itu, jumlah penerbangan dalam sehari pasti akan bertambah mengakomodir pengunjung. Biasanya dalam sehari terdapat 52 penerbangan, nanti pada saat MTQ bisa jadi bertambah 58 penerbangan,” kata Suwarso.
Mengantisipasi lonjakan pengunjung pada saat MTQ, Suwarso mengakui fasilitas yang ada di Bandara Hang Nadim sudah mencukupi dan mampu mengatasi hal tersebut. ”Hang Nadim siap 24 jam mengakomodir semua peserta menyukseskan MTQ,” kata Suwarso.
Namun, pengelola bandara Hang Nadim harus banyak berbenah. Pasalnya, untuk menyambut datangnya MTQ maka semua infrastruktur yang ada di bandara harus dibenahi. Apalagi, belakangan ini warga mulai mengeluh mengenai pelayanan Bandara Hang Nadim. Hal yang paling banyak dikeluhkan adalah toilet.
”Kenyataannya, mengurus toilet saja susah. Setiap jam setiap hari tidak jarang di toilet terdapat pengumuman toilet sedang rusak. Padahal, Bandara Hang Nadim dekat dengan bandara Changi yang canggih di Singapura. Padahal, Batam sendiri merupakan kota petro dolar,” ungkap salah seorang penumpang kepada Batam Pos beberapa hari yang lalu.
Terkait keluhan warga ini, Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan fasilitas di bandara akan terus diperbaiki termasuk toilet.
”Toilet itu perbaikannya tidak sekaligus, tapi bertahap. Soalnya kan terus dipakai oleh penumpang dan pengunjung bandara,” ujar Suwarso.
Di singgung kualitas toilet yang semestinya bisa seperti standar beberapa bandara modern di Tanah Air, Suwarso menampik. Dia mengatakan, perbaikan itu menyesuaikan kebutuhan di masing-masing bandara. (Batampos/rifki)
@
Tagged @ MTQ 2014
0 komentar:
Posting Komentar - Kembali ke Konten