informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

BANJIR DI BATAM, SALAH SIAPA?

Hujan yang terus mengguyur mengakibatkan Batam kembali Banjir
BATAM HARI INI - Hujan masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Batam. Hujan tidak hanya membuat aktivitas warga terganggu, tetapi juga menyebabkan banjir di mana-mana. 
Seperti pantauan Haluan Kepri di beberapa lokasi, di perumahan Happy Garden, Nagoya, Melcem, Jodoh, Batu Aji dan lain sebagainya. Di kawasan  ini masih sering terjadi banjir setiap turun hujan.

Selama ini, penyebab terjadinya banjir lantaran drainase tidak seimbang dengan bobot air hujan yang turun. Selain itu juga, pihak pengusaha yang melakukan pengerjaan jalan ataupun pembangunan perumahan, tidak membuat drainase untuk jalur airnya.

Walikota Batam Ahmad Dahlan yang ditemui usai rapat MTQ Nasional, Senin (21/4)  menuturkan, banjir yang terjadi di Kota Batam, akibat kesalahan semua pihak. Pemko Batam dan BP Batam, mestinya memberitahu pengusaha cut and fill agar membuat jalur air terlebih dahulu sebelum melakukan pemotongan. 

" Semua pihak salah, baik Pemko Batam, BP Batam dan pungusaha. Mestinya pengusaha membuat jalur air terlebih dahulu sebelum melakukan cut and fill, "kata Dahlan.

Menurut Dahlan, banjir yang terjadi di Kota Batam ketika hujan turun beberapa jam saja. Namun, banjir tersebut tidak berlangsung lama, dalam sehari sudah surut.

" Walaupun banjirnya sebentar, yang dirugikan ialah masyarakat. Kasihan kita lihat masyarakat yang rumahnya terendam banjir, "paparnya.

Untuk itu, Dahlan mengharapkan, bagi pengusaha, sebelum melakukan cut and fill, harus dibuat jalur airnya (drainase), sehingga jika turun hujan tidak lagi terjadi banjir.

" Kedepannya kita akan memberitahukan kepada pengusaha, agar membuat saluran air terlebih dahulu sebelum melakukan cut and fill, "ucap Dahlan.

Fahrol, salah seorang warga yang selalu kebanjiran di komplek perumahannya setiap turun hujan mengatakan penyebab banjir yang terjadi di perumahannya karne drainase tersumbat.

" Kami memang langganan banjir kalau turun hujan dan sudah tahunan, "kata Fahrol.

Segala upaya dilakukan warga untuk membuat aliran drainase berjalan lancar. Namun, karena banyaknya sampah dan tanah yang masuk kedalam parit ini, sehingga aliran airnya terhambat.

"Kami sudah membersihkan parit ini, tapi karena letaknya rendah dan banyaknya tanah yang masuk, sehingga airnya terhambat, "ucapnya.(hk/byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

BANJIR DI BATAM, SALAH SIAPA?