informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Parade Tari Daerah Batam, Ajang Silaturahmi Seniman dan Budayawan se-Kota Batam

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, menyerahkan hadiah bagi penyaji terbaik pertama
BATAM HARI INI - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam menggelar Parade Tari Daerah Tingkat Kota Batam 2014 yang diikuti 11 sanggar tari terbaik, di Nagoya Hill, Minggu (27/3/2014).

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, dalam sambutannya mengapresiasi gelaran perlombaan tari ini. Dia berharap pemenang parade tari ini dapat terpilih sebagai pemenang tingkat provinsi dan mewakili Kepri di ajang parade tari nusantara.

"Masyarakat Batam sangat heterogen dengan berbagai keunikan, etnik dan budaya. Keberagaman budaya tersebut haruslah tetap dipelihara dan dilestarikan dengan berpayung pada budaya Melayu sebagai akar budaya Kota Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya," pesan Dahlan.

Dengan semakin banyak muncul sanggar-sanggar tari, diharapkan kemajuan bagi pelestarian budaya. Tidak hanya memajukan industri tetapi juga khasanah budaya. "Mari kita terus kembangkan, kita lestarikan nilai-nilai budaya dan tatanan budaya itu berpayung pada budaya melayu," tutur Dahlan.

Sementara, Kepala Disparbud Kota Batam, Yusfa Hendri, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut pembinaan seni budaya, khususnya sanggar tari di Kota Batam serta ajang seleksi sanggar tari terbaik yang akan mewakili Batam pada Parade Tari tingkat Provinsi Kepri pada Mei 2014 mendatang yang rencananya digelar di Kabupaten Karimun. 

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai salah satu daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Batam.

"Kegiatan parade tari daerah merupakan lomba tari garapan baru yang diangkat dari tradisi adat istiadat setempat. Acara ini juga sebagai ajang silaturahmi para seniman, budayawan dan sanggar yang ada di kota Batam," kata Yusfa.

Dalam parade tari daerah tahun 2014 ini, penyaji terbaik diraih oleh sanggar Medang Sirai, penyaji terbaik kedua dipegang sanggar Sri Setaman dan penyaji terbaik ketiga adalah sanggar tari Sri Indra Bupala. 

Selain piala, ketiga pemenang mendapat hadiah uang pembinaan senilai 5 juta rupiah bagi juara pertama, 3,5 juta rupiah untuk juara kedua dan juara ketiga mendapatkan 2,5 juta rupiah. (*)

Editor: Roelan


Dapatkan info ter Update seputar P. Batam di : http://batamtoday.com



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Parade Tari Daerah Batam, Ajang Silaturahmi Seniman dan Budayawan se-Kota Batam