informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Batam Bakal Punya Museum Bersejarah

Salah satu Museum yang ada di Camp Vietnam - Galang-Batam
BATAM HARI INI - Usai pelaksanaan MTQ XXV tingkat Nasional, Batam akan memiliki gedung museum sejarah yakni Astaka MTQ yang berada di Dataran Engku Putri, Batam Centre. 
Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, untuk mewujudkan hal itu, Pemko Batam akan menyusun anggaran.

"Astaka MTQ Nasional itu nantinya akan kita jadikan museum sejarah perkembangan Batam. Usai MTQ kita akan lakukan pembahasan khusus dan sekaligus menyusun anggaran untuk merenovasi ruangan Astaka dan kelengkapannya," ucap Dahlan, Senin (21/4).

Dahlan menjelaskan, selain memajang benda-benda pusaka, di dalam museum tersebut nantinya juga akan ada foto-foto mengenai sejarah Batam. Diantaranya, Makam Nong Isa, ruas jalan kota Batam sebelum seperti saat ini, termasuk foto-foto zaman penjajahan Jepang dan Belanda, hingga zaman kemerdekaan. 

"Intinya, dalam museum itu ada alur perjalanan Batam. Nanti kita juga akan buat forum untuk mencari barang-barang bersejarah. Kalau perlu kita beli dari para ahli waris," jelasnya.

Dahlan juga menjelaskan, Pemerintah Kota Batam berencana mengunjungi salah satu kota di Belanda untuk mencari benda-benda bersejarah yang menceritakan mengenai awal terbentuknya kota industri ini. Pasalnya Batam dulunya sempat dijadikan salah satu daerah jajahan.

"Kalau perlu kita akan ke Leiden Belanda untuk mencari bukti-bukti sejarah Batam," ujarnya kembali.

Nanti, paparnya lagi, untuk masuk ke dalam museum, harus melewati gerbang yang berada di depan kantor BP Batam. Sementara pintu masuk dekat kantor Pemko Batam akan dijadikan area panggung-panggung acara. 

"Sarana olahraga tetap. Tidak akan kita ubah. Nantinya juga akan kita pajangkan foto-foto pabrik batu bata pertama yang ada di Batam," tambahnya lagi. (cw90)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Batam Bakal Punya Museum Bersejarah