informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Siswa SMK Punya Nilai Tambah

Walikota Batam dihadapan Siswa SMK 
BATAM HARI INI -- Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengajak siswa-siswi SMK Negeri 4 Batam untuk bangga menjadi pelajar sekolah kejuruan. Hal ini diutarakan Dahlan saat menjadi pembina apel pagi, Senin (21/4).

“Kita harus bangga jadi siswa SMK. Tidak boleh merasa ada perbedaan antara siswa SMK dengan SMU. Karena SMK itu justru punya nilai tambah,” kata Dahlan.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan sempat berkomunikasi dengan siswa. Ia menanyakan alasan mereka memilih SMK, tidak SMA umum.

Beberapa siswa yang ditunjuk menjawab pertanyaan Dahlan. Seorang di antaranya mengatakan ia memilih SMK karena langsung mendapat keahlian, sehingga bisa bekerja setelah lulus.

“Bagus, memang SMK ini menjurus ke keahlian. Siapa yang punya rencana kuliah biasanya dia masuk SMU, kalau tidak dia masuk SMK. Tapi tidak berarti kalau kita SMK tak boleh lanjut ke kuliah,” ujar Dahlan.

Saat apel Dahlan juga sempat menanyakan tentang tujuan pembangunan Kota Batam. Namun tak ada satu pun siswa yang bisa menjawab. Hal ini dimaklumi Dahlan.

Ia menjelaskan sedikitnya ada empat tujuan pembangunan Batam. Pertama Batam sebagai daerah pengembangan industri. Lalu Batam sebagai lalu lintas perdagangan atau ekspor impor. Ketiga Batam dikembangkan menjadi tujuan pariwisata. Dan keempat menjadi lokasi transhipment atau alih kapal.

“Atas empat tujuan ini, maka yang diperlukan adalah sumber daya manusia. Kita harus mempersiapkan sumber daya manusia Batam, maka kalian harus mempersiapkan diri dengan baik. Kalau tidak siap, maka akan tersingkir dari kancah pembangunan kota Batam ini,” ujarnya.

Dahlan juga berkesempatan memberikan arahan kepada majelis guru, Dahlan berpesan Guru harus memiliki seni untuk mengembangkan potensi anak didik agar kreatif, setiap anak memiliki potensi sendiri sendiri, sekarang terjadi lompatan besar diluar dugaan kita, setelah revolusi industri, sekarang merupakan Era IT, dan anak anak sekarang lebih kritis, untuk itu guru harus mengembangan ilmunya, ujarnya. (bp/spt)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Siswa SMK Punya Nilai Tambah