informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Dukunglah Konversi BBM ke Gas untuk Kendaraan di Batam

Walikota Batam "Ahmad Dahlan"
BATAM HARI INI – Program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) yang saat ini terus digalakkan pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diharapkan penuh dengan perencanaan yang matang, sistematis, dan terukur, sehingga benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan saat menerima kunjungan Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Kelembagaan dan Perencanaan Strategis Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja, beserta rombongan di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (24/4).

bbmMenurut Dahlan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam sangat mendukung program ini mengingat ketersedian energi minyak yang semakin menip. Namun dalam hal ini masyarakat perlu diyakinkan bahwa kali ini program konversi BBM ke BBG untuk kendaraan bakal sukses dan pasokan gas akan terjamin.

Dia mengatakan, regulasi yang sering berubah dari pusat juga menjadi faktor kendala, sehingga setiap program yang dijalankan di daerah menjadi kurang maksimal bahkan sampai berhenti.

”Jangan sampai kita launching programnya, justru gasnya gak ada. Padahal masyarakat sudah mengkonversi kendaraannya,” kata Wako.

Dahlan juga menjelaskan pasar di Batam cukup besar, ini terlihat dari angka pertumbuhan penduduk dan jumlah kendaraan yang ada di Batam. Untuk itu, Wako kembali meminta perhatian khusus dari pihak Kementerian ESDM dan BUMN seperti Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam keseriusannya menggarap program ini.

”Gas ini di daerah bisa dikatakan barang baru. Masyarakat Batam yang konsumtif dengan mobilitas yang tinggi sangat cepat menyambut setiap  kebijakan baru. Namun apabila ada masalah, maka masyarakat juga akan cepat bereaksi. Ini yang harus dicermati terutama soal ketersediaan pasokan gas,” ujar Dahlan.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri ESDM, IGN Wiratmaja yang datang bersama Direktur Komersial PGN, Achmad Rifai menjelaskan, pemerintah pusat berjanji mempercepat program diversifikasi energi, dari penggunaan BBM ke BBG atau konversi BBM ke BBG.
Wiratmaja menambahkan, saat ini harus serius berpindah ke gas karena beberapa hal, pertama karena harga gas lebih murah daripada minyak. Kedua gas produksi dalam negeri dan jumlahnya banyak, ketiga, gas lebih ramah lingkungan.

Menurutnya peran serta pemerintah daerah sangat diperlukan untuk percepatan program konversi ini agar segera terealisasi. Peran tersebut antara lain mendukungan pemberian izin pembangunan infrastruktur dan fasilitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Mengeluarkan regulasi mewajibkan kendaraan umum (taksi, angkutan kota) dan kendaraan dinas menggunakan BBG, serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Kota Batam mengenai program ini. (bp/hgt)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Dukunglah Konversi BBM ke Gas untuk Kendaraan di Batam