informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Warga Batam Kebingungan di TPS, Tak Kenal Caleg

Tak kenal Caleg????
BATAM HARI INI -- Proses pemungutan suara di TPS masih berlangsung hingga siang ini. Sebagian TPS disesaki warga tapi ada juga TPS yang masih sepi. Di TPS 28 perumahan Hang Lekir Blok D. Hingga pukul 10.30 WIB, baru 50-an pemilih yang mendatangi TPS.

Padahal, di TPS ini pemilihnya sebanyak 385 orang. Parahnya, para pemilih khususnya ibu-ibu di kawasan itu mengaku kebingungan untuk memilih para caleg.

Warga bingung karena nyaris tak satupun dari ratusan nama caleg yang ada di kertas suara tidak mereka kenali.

“Ya bingung karena nggak ada yang kami kenal,” ujar Ana, salah satu pemilih siang ini.

Kebingungan yang sama juga diungkapkan warga di kawasan Tiban. Beberapa warga terpaksa mengantongi kartu nama caleg ke TPS. Tapi karena harus mencoblos empat lembar kertas suara, warga yang hanya mengantongi satu kartu nama caleg tertentu bingung untuk memilih lagi tiga caleg lainnya.

Mereka mengaku tidak pernah mendapat sosialisasi dari partai politik, caleg bahkan lembaga penyelenggara Pemilu.

Ratusan warga calon pemilih di TPS 23 Tanjungsengkuang belum mendapatkan kesempatan untuk mencoblos hingga pukul 12.00 WIB ini. Pasalnya, mereka terjebak antrean panjang menunggu giliran mencoblos. Penyebabnya, banyak pemilih yang bingung saat berada di bilik suara sehingga waktu pemilihan jadi molor.

“Tadi banyak ibu-ibu yang mengaku bingung mau nyoblos yang mana, padahal sudah kami jelaskan. Mereka kebanyakan buta huruf,” ungkap Irwanto, Ketua TPS 23 Tanjungsengkuang, siang tadi.

Hingga waktu penutupan pendaftaran pukul 12.00 WIB, warga yang mencoblos baru separuh dari total 493 daftar pemilih tetap (DPT) yang semestinya mencoblos. Meski begitu, panitia tetap melanjutkan waktu pencoblosan bagi calon pemilih yang sudah mengantongi nomor urut pendaftaran(bp/spt/rna)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Warga Batam Kebingungan di TPS, Tak Kenal Caleg