informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Inilah Qari dengan Nafas Terpanjang

BATAM HARI INI -- Tidak akan ada yang menduga jika Andika Pangestu (14), putra pasangan Junaidi dan Sarah Utama, selain memiliki suara yang merdu saat mengaji, juga memiliki nafas terpanjang se-Indonesia tingkat remaja. Siswa SMP Qur'an Centre yang masih duduk di kelas VII ini akan mewakili Kepri pada MTQ XXV tingkat Nasional di Batam Juni mendatang.
Andika yang ditemui di Qur'an Centre, Selasa (1/4)  mengatakan, sebelumnya dia tidak mengetahui jika dirinya dinobatkan sebagai pemilik nafas terpanjang saat mengaji. Informasi tersebut diperolehnya dari Direktur Qur'an Centre, Mahadi.

Sang pelatih, Husein Faubun mengungkapkan, penobatan Andika sebagai pemilik nafas terpanjang se-Indonesia diperoleh dari hasil perhitungan dewan hakim pada STQ tingkat Nasional 2013 lalu. Dalam perhitungan tersebut, Andika memiliki perhitungan panjang nafasnya 30-40 detik ketika mengaji.

"Saat itu dewan hakim menghitung nafas setiap peserta. Hasilnya, anak kita Andika dinobatkan sebagai pemilik nafas terpanjang saat mengaji untuk golongan remaja dangan catatan waktu 30-40 detik," ujar Husein menjelaskan.

Ketika ditanya tentang cara melatih pernafasan, Andika mengaku tidak memiliki rahasia khusus. Menurutnya, dia hanya menghindari makanan berminyak dan es. Andika pun mengaku rutin melakukan senam olah nafas yang dilaksanakan di sekolahnya setiap Minggu pagi.

"Tak ada rahasia khusus.  Saya hanya menghindari makanan pedas, berminyak serta minum es. Ditambah senam olah nafas yang dilakukan rutin tiap Minggu pagi di sekolah. Cuma itu," paparnya lagi.

Demi menjaga kondisi suara anak didiknya, Husein, sang pelatih, tak henti-hentinya mengawasi anak didiknya, dari mulai makan hingga kesehatannya. Dia juga mengaku tak terlalu memporsir latihan untuk Andika. Husein mengatakan, selain mengaji, ia juga selalu mengingatkan anak didiknya itu untuk selalu rendah hati dan tidak sombong. Sebab, menurutnya itulah salah satu syarat untuk menjadi qori yang sempurna.

"Saya selalu awasi anak-anak. Mulai dari kesehatan hingga makannya. Dalam latihan, mereka tidak hanya diajarkan mengaji, namun juga diajarkan untuk menjaga tingkah laku, sikap, tidak sombong dan selalu rendah hati. Saya ingin mereka menjadi qari yang terbaik untuk masa depan." pungkas  Husein. (Haluan Kepri / cw90)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Inilah Qari dengan Nafas Terpanjang