informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Memasuki Masa Tenang, Atribut Caleg Batam Masih Kampanye

Atribut masih kampanye di pinggir jalan
BATAM HARI INI - Memasuki masa tenang kampanye, sejumlah atribut partai politik (Parpol) dan calon legislatif (Caleg) masih menghiasi sejumlah ruas jalan di Kota Batam, terutama di Batuaji dan Sagulung. 
Pantauan Haluan Kepri di Batuaji dan Sagulung, Minggu (6/4) atribut parpol dan caleg yang masih terpampang itu tidak saja berukuran kecil tetapi juga ukuran besar. 

Padahal, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, sudah mewanti-wanti parpol dan caleg agar menertibkan sendiri alat peraganya. 

" Semua alat peraga kampanye akan kami tertibkan. Termasuk alat peraga komersial, jika dia caleg, tetap ditertibkan. Tak hanya di jalan protokol, jalan kelurahan juga," ujar M Syahdan, kemarin.

KPU, Panwaslu bersama Tim Perpadu, kata Syahdan, akan menertibkan atribut kampanye mulai tanggal 6-8 April 2014. Meski demikian sejak memasuki minggu tenang semua bentuk kampanye sudah tidak diperbolehkan lagi.

" Hari ini (kemarin) memang kami belum turun. Kita berharap caleg dan parpol membersihkan sendiri atributnya. Termasuk stiker-stiker yang di mobil itu. Tanggal 7 dan 8 April, baru kami bersama tim terpadu yang menertibkan," ujar Syailendra Reza, anggota Panwaslu Kota Batam Pokja Hukum dan Penindakan Pelanggaran.

Meski tak mudah menertibkan atribut parpol dan caleg dalam waktu singkat, tapi ia optimis pihaknya bersama Tim Terpadu mampu melakukannya. 

Apalagi, ada tim tambahan yang ikut membantu tim terpadu menertibkan atribut parpol dan caleg di ruas-ruas jalan Kota Batam.

" Tim yang kita kerahkan terdiri dua tim. Tim terpadu untuk tiga zona di Kota Batam. Tugasnya menertibkan atribut kampanye di jalan protokol. Untuk kecamatan beda lagi," kata dia.

Masing-masing kecamatan memiliki tim tersendiri untuk menertibkan atribut kampanye. Tim itu terdiri dari Panwascam, Panitia Pengawas Lapangan (PPL), PPK/PPS, pihak kepolisian, camat, dan Dinas Kebersihan.

" Satu tim di kecamatan itu ada 25 orang. Sedangkan untuk tim terpadu, jumlahnya beda-beda 1 tim, ada yang 19 orang, ada yang lebih," ujar Reza menjelaskan.

Selain menertibkan atribut kampanye di jalan protokol dan jalan kelurahan, pihaknya juga akan menertibkan atribut parpol dan caleg yang terpasang di mobil. 

Kesadaran Parpol Rendah

Kesadaran parpol dan caleg untuk melepas sendiri alat praganya pada hari pertama masa tenang, dinilai masih sangat rendah. 

" Pembagian tugasnya, hari pertama minggu tenang kita berikan kesempatan kepada Partai dan Caleg untuk melepas sendiri alat peraganya," ungkap Ketua Panwaslu Kota Batam, Surya Prabu ke Haluan Kepri, Minggu (6/4).

Kesempatan tersebut diberikan, lanjut Surya Prabu, agar para parpol atau caleg bisa mengambil alat peraganya, kalau sewaktu-waktu alat peraga hendak digunakan kembali.

"Kalau tim terpadu yang lepas, sudah pasti alat peraganya akan kita musnahkan," ungkap Surya Prabu.

Sementara tim terpadu sendiri, dipastikan akan turun melakukan penertiban alat peraga parpol dan caleg pada hari kedua dan ketiga masa tenang, Senin (7/4) dan Selasa (8/4) besok. (tim)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Memasuki Masa Tenang, Atribut Caleg Batam Masih Kampanye