informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menengok Meriahnya Sea Eagle Boat Race Belakangpadang

Sea Eagle Boat Race Belakangpadang
BATAM HARI INI -- Ajang internasional tahunan Pariwisata Batam kembali digelar di Kecamatan Belakangpadang selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu. Sedikitnya 36 tim ikut andil dalam perlombaan boat dayung ini. Sea Eagle Boat Race Belakangpadang tahun ini juara pertama dan juara empat diraih oleh tim TNI AL dari Mabes pusat.

Mereka ada yang dari unsur militer, umum serta dari manca negara. Untuk peserta dari Mancanegara tak hanya dari Asia Tenggara saja seperti Thailand, dan Malaysia. Jepang dan Rusia pun ikut andil menurunkan timnya untuk berlaga di Sea Eagle Boat Race 2014 Belakangpadang.

Dari keseluruhan lomba selama tiga hari, panitia acara dari Dinas Pariwisata Batam mendapatkan empat tim yang berhak melangkah hingga babak akhir final. Empat tim yag dimaksud dua dari Jakarta yakni Puspomal Jakarta serta Komando Lintas Laut Timur (Kolinlamil) Jakarta.

Sedangkan dua lagi peserta yang melangkah hingga babak final adalah tim dari Podsi Indragiri Hulu serta peserta dari tuan rumah Belakangpadang, Lengkang Mandiri.

Final sendiri dimulai kemarin pukul 12.00 WIB. Sebelum mengambil start keberangkatannya, empat tim yang masuk final, masing-masing mencoba baot berkepala patung garuda milik Dinas Pariwisata Batam memutar arena. Begitu pemberi aba-aba memerintahkan untuk mengambil posisi start, mereka semua kembali ke posisi start.

Begitu start dimulai, masing masing tim yang terdiri dari 14 pengayuh dayung dipimpin 1 tekongnya mulai menyaunkan dayungnya yang terbuat dari kayu itu ke dalam air. Empat tim awalnya meluncur berbarengan sejajar. Begitu memasuki 100 meter pertama, posisi yang semula sejajar langsung berubah total. Tim Puspomal dari start awal sudah mendominasi melaju paling depan.

Disusul tim dari Podsi Inhu yang mengenakan kaos serba hitam. Berurutan kemudian tim tuan rumah yakni Lenggang Mandiri. Terakhir iringan perlombaan boat dayung, nampak kapal yang ditunggangi tim dari Kolinlamil Jakarta.

Masing-masing peserta final di Sea Eagle Boat Race (SEBR) harus mendayung dengan jarak terjauh 40 meter bolak balik berangkat-serta menuju garis finish.

“Kami cukup puas dengan agenda seperti Sea Eagle Boat Race. Tujuan digelarnya SEBR ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat serta pesertanya. Kebetulan bertepatan dengan gelaran Nasional lainnya seperti Naval. EXERCISE Komodo,” ujar Kepala Dinas Parisata Kota Bata, Yusfa Hendri ini.

Yusfa menegaskan bahwa kegiatan SEBR yang ia gelar, selain untuk memperkenalkan Batam khususnya Belakangpadang ke luar negeri maupun manca negara, cuga untuk mendongkrak dunia pariwisata Batam.

“Biar orang manca negara itu tahu ternyata di Batam ada pulau yang namanya Belakangpadang. Biar warga asing tahu ternyata Batam ini asyk juga lautnya untuk disinggahi,” terang Yusfa. (gas)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menengok Meriahnya Sea Eagle Boat Race Belakangpadang