informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

MTQ XXV Tk. Nasional Di Batam Diluncurkan

Launching MTQ Tk. Nasional XXV Batam 
MTQ NASIONAL "BATAM" - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali didampingi Gubernur Kepri HM Sani, Wakil Gubernur HM Soerya Respationo, dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat H Abdul Jamil resmi meluncurkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/4).

Peluncuran itu ditandai penekanan sirine oleh Menag Suryadharma Ali. Menag mengatakan, MTQ di Kepri kali ini harus menjadi momentum agar Indonesia menjadi kiblat peradaban baru dunia Islam. Selain itu, menurut Menag, momentum MTQ ini harus dimanfaatkan menggali sedalam-dalamnya kandugan ayat-ayat Alquran. Juga harus menjadi momentum untuk wisata religius, sehingga dunian tahu kehidupan beragama di Indonesia.

Pada peluncuran tersebut, hadir Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Agama seluruh Indonesia dan perwakilan LPTQ seluruh provinsi. Selain menyampaikan persiapan Kepri yang sudah sampai 95 persen, Gubernur memaparkan sejumlah kegiatan yang akan berlangsung pada perhelatan ke-25 ini. Termasuk kegiatan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang konsepnya baru dari MTQ Nasional selama ini.

Menurut Gubernur,  apapun yang dilakukan, harus mendapat dukungan pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kepri. Gubernur juga memaparkan, kegiatan yang diselenggarakan sebelum hari H.

Di antaranya, Mei 2014 nanti akan ada pertemuan akbar lintas agama yang menunjukkan kebersamaan mendukung pelaksanaan MTQ. Selain itu, ada kegiatan menanam pohon, sastra sufi, dan lainnya. Rangkaian acara secara rinci, dipaparkan melalui video yang sudah disiapkan panita pelaksana.

Menteri cukup yakin dengan apa yang sudah disiapkan Kepri melaksanakan perhelatan besar dua tahunan ini. ”Saya tidak ragu dengan apa yang sudah disiapkan Pak Sani dan Pak Soerya,” kata Menteri.

Sebelumnya, Ketua LPTQ Pusat Abdul Jamil berharap, penyelenggaraan ini dapat menumbuhkan semangat keberagaman di masyarakat dan mempererat hubungan umat beragama.

Hal ini dipertegas lagi oleh Menag, yang mengatakan kerukunan beragama di Indonesia sangat hebat. Kepri dalam pelaksanaan ini menggaungkan semangat keberagaman dalam kalimat harmoni dalam keberagaman.

Menurut Menag, MTQ harus dipahami bukan saja sebagai ajang adu kemampuan seni dalam membaca Alquran. (Batampos/ian)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

MTQ XXV Tk. Nasional Di Batam Diluncurkan