informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

"Multilateral Naval Exercise Komodo" Latihan Militer Terbesar di Asia

BATAM HARI INI -- Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 di Batam, Natuna dan Anambas sejak tanggal 28 Maret hingga 4 April nanti merupakan even terbesar di Asia. Latihan koordinasi penanggulangan bencana yang dipelopor oleh Angkatan Laut antar bangsa ini banyak diminati oleh bangsa-bangsa di belahan dunia.

komodoTerbukti dari even pertama di tingkat Asia ini melibatkan 17 Negara asing. 17 Negara asing itu mengirim 16 Kapal perang untuk bergabung dalam latihan penanggulangan bencana.

“Dilihat dari jangkauan latihan dan jumlah negara dan personil yang ikut dalam MNEK ini, kegiatan ini yang pertama dan terbesar di level Asia. Ini pembukaan yang baik,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan(Menkopolhukam) Djoko Suyanto.

MNEK merupakan upaya angkatan laut beberapa negara di Asia untuk menggelar rapat koordinasi dan latihan penanggulangan paskabencana. Selama ini penanggulangan dan bantuan bencana alam belum terorganisir dengan baik. Minat bangsa lain untuk memberikan bantuan cukup baik, namun tak ada koordinasi yang pasti untuk bantuan tersebut. “Sehingga kedepannya kalau ada bencana baik alam maupun buatan, bantuan sudah bisa dikoordinir dengan baik,” jalas Djoko.

Selain itu MNEK ini juga sambung Djoko untuk menjalin hubungan baik antar sesama bangsa yang terlibat di dalamnya. “Menyatuhkan banyak negara itu bukan perkerjaan mudah. Ini langkah awal yang baik,”katanya.

Kegiatan MNEK ini dikatakan Djoko cukup diminati banyak negara karena mempunyai Misi sosial. Apalagi latar belakang negara yang rawan bencana tentu sangat membutuhkan latihan koordinasi serupa.

Selain itu target dari latihan ini, juga mempersiapkan  kegiatan serupa di tahun 2016 dengan fokus latihan pada operasional perdamaian di bawa PBB.

18 Negara yang terlibat dalam latihan bersama ini diantaranya Indonesia sebagai tuan rumah, Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Filipina, Kamboja, RRC, Rusia, Korea Selatan, Selandia Baru, Jepang, India, Amerika Serikat,  Belanda dan Australia. (Batampos/eja)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

"Multilateral Naval Exercise Komodo" Latihan Militer Terbesar di Asia